Indahnya Hujan Meteor Perseid

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Indahnya Hujan Meteor Perseid Meteor Perseid nampak di langit. (Foto: New York Post)

Winnetnews.com - Hujan meteor merupakan fenomena alam yang bisa diamati oleh penduduk Bumi. Tampak kilatan cahaya yang menghiasi langit malam, ketika puncak hujan meteor ini terjadi.

Seperti dilansir Okezone.com, khususnya pekan ini, tepatnya tanggal 12-13 Agustus 2019 terjadi fenomena hujan meteor Perseid. Dilansir Space, hujan meteor Perseid merupakan fenomena tahunan, yang ditunggu-tunggu oleh peneliti atau pengamat langit.

Cahaya terang dari bulan purnama hampir menghalangi seseorang melihat penampakan meteor. Kendati demikian, pengamat langit masih disuguhi pertunjukkan luar biasa dengan puluhan meteor melesat menembus langit setiap jam.

Astrophotographer Stojan Stojanovski mengatakan bahwa dia menunggu lebih dari 3 jam untuk menangkap meteor Perseid. Kabarnya, ia melihat sekira 10 hingga 15 meteor per jam.

Hujan meteor Perseid terjadi ketika Bumi memasuki bidang puing-puing yang ditinggalkan komet Swift-Tuttle. Bumi memasuki bidang puing-puing itu akhir Juli, tetapi akhir pekan ini akan menjadi puncaknya, dengan sebanyak 50 meteor melesat setiap jam.

Apa Reaksi Kamu?