Indahnya Masjid Terjauh di Tanah Merauke ini

Rani
Senin, 29 Mei 2017 12:02 WIB
Oleh Rani pada Senin, 29 Mei 2017 12:02 WIB
Image Indahnya Masjid Terjauh di Tanah Merauke ini

winnetnews.com - Di tanah Merauke, Papua, terdapat sebuah masjid yang sangat Indah. Tepat di pusat kota Merauke, Masjid Al-Aqso berdiri gagah dan menjadi salah satu landmark bagi kota yang letaknya diujung Indonesia ini. Saat tiba di depan Masjid Raya Al-Aqso, kita akan disambut dengan pelataran masjid yang sangat luas dengan air mancur di tengahnya. Menariknya, di depan Masjid Raya Al-Aqso ini terdapat tugu lingkaran Brawijaya dengan angka 969 yang punya filosofis kuat untuk kota Merauke.

Masjid Al-Aqso memiliki arti terjauh, dan memang masjid ini jangkauannya cukup jauh dari mana-mana, dan berada di ujung timur Indonesia. Masjid yang dibangun pada tahun 1983 ini terletak tepat di Jl TMP Trikora, Klp. Lima, Kec. Merauke, Kabupaten Merauke, Papua. Masjid ini telah mengalami renovasi sebanyak 2 kali dan memiliki kapasitas sebanyak 5 ribu jamaah.

image0

Atapnya dibangun bertingkat dua, bagian ketiga atau bagian tertinggi atapnya dilengkapi satu kubah besar dengan mozaik kalimah tauhid bewarna ke-emasan. Kubah ini awalnya dibangun sebagai kubah beton tunggal berukuran lebih kecil ditopang oleh empat bangun semi kubah yang menempel ke kubah utama, namun kemudian diganti dengan satu kubah tunggal yang lebih besar seperti yang terlihat saat ini. Di keempat sisi atap juga dilengkapi dengan kubah yang sama dengan ukuran yang lebih kecil.

Penataan interior masjid ini pun sangat apik dengan padu padan keramik warna kemerahan dan cat warna putih. Hampir keseluruhan pilar pilar di dalam masjid beserta dindingnya di tutup dengan keramik. Begitupun ruang mihrabnya yang dilengkapi dengan sepasang pilar bundar mengapit sisi kiri dan kanan ruangannya.

Masjid Raya Al-Aqso Merauke ini dilengkapi dengan serangkaian lampu warna yang membuatnya terlihat benderang dan meriah dengan warna warni cahaya lampu yang dipancarkan ke bangunannya. Taburan cahaya tersebut menyajikan keindahan tersendiri bagi masjid kebanggaan masyarakat Marauke ini. Pemandangan ini tentunya menjadi objek menarik bagi para pecinta fotografi maupun masyarakat umum untuk mengabadikannya. Foto foto keindahan masjid ini baik siang maupun malam hari kini mulai meramaikan media sosial.

Warkop DKI Reborn:Jangkrik Boss Part 2 Siap Tayang di Lebaran Haji 2017
Yusril dan KSPI Akan Gugat Perpres Terkait Tenaga Asing

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.