Indahnya si Kawag Putih

Indahnya si Kawag Putih

Berlokasi di kawasan Ciwidey, Jawa Barat, Kawah Putih merupakan sebuah destinasi wisata alam yang berbentuk danau. Danau tersebut pun terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Sesuai namanya, air danau tersebut berwarna putih sedikit kehijauan karena tanahnya bercampur belerang. Kawah Putih sendiri terletak di ketinggian kurang lebih 2.090 meter di atas permukaan laut, tepat di bawah puncak tertinggi dari Gunung Patuha. Setiap akhir pekan, Kawah Putih selalu ramai pengunjung.

image0

Karena menasaran, akhirnya seorang ilmuwan yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mengunjungi kawasan tersebut pada 1837 dan mendapati mengapa burung-burung bisa mati. Ternyata belerang di Kawah Putih yang menjadi penyebabnya. Sejak 1987, pemerintah pun menjadikan Kawah Putih menjadi tempat wisata. Menurut sejarah, Kawah Putih pernah dianggap sebagai lokasi yang angker sejak Gunung Patuha meletus hebat pada abad ke-10. Saat itu, setiap burung yang terbang di atasnya pasti mati.

image1

Jika Anda menyukai wisata alam, berarti Anda harus melihat langsung cantiknya Kawah Putih yang bernuansa putih kehijauan.