Indeks Emerging Melompat

Rusmanto
Rusmanto

Indeks Emerging Melompat

Bursa emerging market mencatatkan kenaikan terbesar dalam dua pekan terakhir. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 13.17 waktu Hong Kong, indeks MSCI Emerging Markets melompat 2% menjadi 806,61. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak 27 Agustus lalu.

Sepuluh sektor yang terhimpun dalam indeks MSCI Emerging melaju. Kenaikan terbesar terjadi pada sektor teknologi. Salah satunya adalah saham Taiwan Semiconductor Manufacturing Co yang naik 4,5% di Taipei.

Sementara itu, Shanghai Composite Index China naik 1,4%, indeks Kospi Korea Selatan naik 2,4%, dan indeks S&P BSE Sensex Index India naik 1,1%. Sedangkan indeks acuan Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Indonesia masing-masing mencatatkan kenaikan setidaknya 0,5%.

Bursa emerging melaju seiring spekulasi bahwa pemerintah China akan kembali menggelontorkan stimulus untuk mengerek kembali ekonomi mereka. Sentimen ini berhasil mendongkrak tingkat permintaan aset-aset berisiko.

"Kenaikan pada pasar saham China membantu meredakan kecemasan pasar dan investor percata bahwa China memiliki senjata lain berupa kebijakan fiskal, tidak hanya moneter, untuk menstabilkan perekonomian mereka," jelas Thebes Lo, vice president Kim Eng Securities Ltd di Hong Kong.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});