Indeks Stoxx Dibuka Menguat

Rusmanto
Rusmanto

Indeks Stoxx Dibuka Menguat

WinNetNews.com - Bursa saham Eropa memperpanjang penguatan di level tertinggi sejak April menyusul penguatan sektor komoditas dan energi sebelum pertemuan Bank Sentral Eropa pekan ini.

Indeks Stoxx 600 Europe menguat 0,09% atau 0,3 poin di level 350,92 14.27 WIB setelah dibuka menguat 0,20% atau 0,7 poin di level 351,32.

Bursa Eropa menguat selama tiga hari terakhir dan melonjak pada Jumat menyusul rilis data tenaga kerja AS yang stabil walau tidak meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat.

Seperti dilansir Bloomberg, investor berspekulasi bahwa bank sentral global akan menjaga kebijakan moneter yang mendukung aset berisiko menjelang keputusan suku bunga ECB hari Kamis.

Sebagian besar ekonom memprediksi Gubernur ECB Mario Draghi akan memperpanjang pelonggaran kuantitatif untuk kedua kalinya, dengan inflasi zona euro tertahan di level hampir nol selama hampir dua tahun terakhir.

Di antara saham yang bergerak, Anglo American Plc dan BHP Billiton Ltd menguat lebih dari 1,2% karena harga logam meningkat. Eni SpA dan Tullow Oil Plc menguat 1% menyusul penguatan minyak mentah.

Saham Fresenius menguat 5,3% setelah menyatakan akan mengakuisisi saham perusahaan rumah sakit Spanyol swasta terbesar, IDC Salud Holding S.L.U., senilai US$6,42 miliar.

Sementara itu, Ubisoft Entertainment SA menguat 1,1% menyusul kesepakatan yang memungkinkan Guillemot Btrohters SE untuk meningkatkan sahamnya di pengembang video game ini.

Apa Reaksi Kamu?