Indeks STOXX Turun 0,61 Poin

Rusmanto
Rusmanto

Indeks STOXX Turun 0,61 Poin

Indeks bursa Eropa melemah di awal perdagangan Selasa (22/9/2015). Investor masih ragu masuk ke pasar di tengah ketidakpastian sikap bank sentral di Amerika Serikat dan Eropa.

Indeks STOXX Europe 600 dibuka melemah 0,05% atau turun 0,19 poin ke level 357,64. Pada pukul 14.10 WIB, STOXX melemah 0,17% atau 0,61 poin ke level 357,22.

Investor di berbagai bursa di Eropa masih kebingungan menebak arah kebijakan The Fed. Empat pejabat The Fed telah menyatakan Fed Fund Rate masih berpeluang naik tahun ini dan menilai pengaruh gejolak perkeonomian global hanya sementara.

Pelaku pasar juga menanti sikap European Central Bank atas keputusan The Fed. Mereka menanti sinyal dari Presiden ECB Mario Draghi tentang potensi kenaikan besaran quantitative easing untuk mendongkrak laju inflasi di Zona Euro.

Jepang dan Eropa berada dalam tekanan setelah pekan lalu The Fed mempertahankan suku bunga acuan. Dolar yang merosot membuat nilai tukar Euro dan Yen melejit dan berpoensi menurunkan daya saing industri di Eropa dan Jepang.

Sebanyak 165 saham menguat, 404 saham melemah, dan 31 saham stagnan dari 600 saham yang diperdagangkan di berbagai bursa di seluruh Eropa.

Saham salah satu produsen otomotif terbesar dunia, Volkswagen masih merosot. Saham VW melemah hingga 3,48% setelah kemarin anjlok 18,6%.

Departemen Kehakiman AS diberitakan membuka penyelidikan atas perilaku curang VW dalam proses uji emisi di AS.VW diketahui melengkapi mesin disel di mobil produksi mereka dengan perangkat lunak yang secara otomatis menyalakan kontrol polusi setiap mobil melalui pemeriksaan emisi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});