India Akan Uji Coba Vaksin COVID-19 Pada Manusia
ilustrasi

India Akan Uji Coba Vaksin COVID-19 Pada Manusia

Rabu, 1 Jul 2020 | 08:29 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tidak ketinggalan dari tetangganya China, India kini juga dilaporkan tengah menjajaki uji coba Vaksin COVID-19 pada manusia. Tidak hanya itu, berdasarkan hasil uji coba hewan, Vaksin dari India ini disebut-sebut aman hingga mampu memproduksi imun terhadap Virus Corona.

Sebagaimana diberitakan oleh Al Jazeera, Vaksin COVID-19 produksi Bharat Biotech, Covaxin, telah resmi mendapatkan lampu hijau untuk uji klinis pada manusia. Menjadi kandidat Vaksin domestik pertama India, Covaxin juga dikonfirmasi telah lolos uji coba pada hewan.

Dalam liputannya, BBC pun menjelaskan bahwa hasil uji coba Covaxin pada hewan terbukti aman serta mampu memicu respons imun yang efektif terhadap COVID-19.

"Pengawas Obat-obatan Umum India telah menyetujui pengajuan perusahaan untuk melakukan uji klinis Fase I dan II dari Covaxin, yang dikembangkan bersama dengan Institut Nasional Virologi dari Dewan Penelitian Medis India.

"Otoritas pengontrol obat di India telah mengizinkan Bharat Biotech untuk mengadakan percobaan klinis manusia Fase 1 dan 2 setelah perusahaan menyerahkan hasil studi pra klinis (yang) menunjukkan keamanan dan respons imun," terang Bharat Biotech pada Senin (29/6).

Meski jumlah relawan belum diketahui secara pasti, tetapi uji klinis COVID-19 pada manusia dijadwalkan akan dimulai pada Juli mendatang. Percobaan juga disebutkan akan dilakukan merata di seluruh penjuru India.

Selain itu, Bharat Biotech juga menjelaskan bahwa uji cobanya dirancang untuk lebih menguji apakah Vaksin aman alih-alih efektif.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...