Indonesia-China Makin Mesra

Rusmanto
Senin, 13 Juli 2015 08:41 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 13 Juli 2015 08:41 WIB
Image Indonesia-China Makin Mesra

Presiden Joko Widodo pada awal pemerintahannya di akhir tahun lalu, langsung menjalin kedekatan dengan berbagai negara. Ini terlihat pada pertemuan bilateral di beberapa agenda Internasional dan kunjungan langsung kenegaraan.

Dari banyak negara tersebut, kedekatan yang cukup terlihat adalah dengan pemerintahan China, di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping.

Pada akhir Maret 2015, Jokowi kembali berkunjung ke China untuk menemui Xi. Agenda yang diusung oleh Jokowi kala itu adalah menagih janji investasi yang sebelumnya disampaikan saat APEC. Maka muncullah rencana investasi China di Indonesia yang bernilai US$ 63,4 miliar.

Sebulan kemudian, Xi juga datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Jokowi. Ini sekaligus dalam rangka menghadiri pegelaran Konferensi Asia Afrika (KAA) di Indonesia. Termasuk mengikuti ritual berjalan kaki di depan Gedung Merdeka, Bandung.

Kemesraan ini makin terasa jelas, ketika para menteri langsung menindaklanjuti pertemuan antar pimpinan negara di kemudian hari. Ada Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno yang menandatangani berbagai kesepakatan.

Tidak hanya dari sisi pemerintah, beberapa perusahaan asal China dari berbagai industri juga sempat berkunjung ke Indonesia dan menemui Jokowi. Baik dari perusahaan otomotif, energi, dan yang lainnya. (jk)

7 Cara Usir Migrain Saat Bekerja
Harga Emas Antam Stagnan di Rp 641 Ribu per Gram

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.