Akhir Perjalanan 143 WNA Tiongkok Pelaku Penipuan, 5 Lagi Juga Bersiap Out dari Indonesia

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Akhir Perjalanan 143 WNA Tiongkok Pelaku Penipuan, 5 Lagi Juga Bersiap Out dari Indonesia Sebanyak 143 WNA Tiongkok dideportasi dari Indonesia/Dokumentasi Bareskrim Mabes Polri

WinNetNews.com - Indonesia mendeportasi 143 warga negara Tiongkok yang diduga melakukan penipuan lewat telepon atau cyber fraud. Diangkut menggunakan empat bis ke Bandara Soekarno-Hatta, para pelaku kemudian akan diterbangkan ke Bandara Binhai International, China, pada pukul 12.00 WIB dan 14.00 WIB. Tampak petugas gabungan mulai dari Imigrasi, Bareskrim Mabes Polri dan Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya hingga Kepolisian Tiongkok mengawal prosesi deportasi para pelaku tindak kejahatan lintas negara itu.

“Hari ini dilakukan deportasi terhadap 143 WNA yang diindentifikasi sebagai warga negara Tiongkok. Kita dari Kepolisian melakukan pengawalan sampai bandara,” kata Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiarto, kepada wartawan di Polres Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (03/08/2017).

Ke-143 WNA itu tampak menggunakan pita dengan dua warna berbeda. Tujuannya untuk mengelompokkan saat penerbangan.

“Itu untuk kita kelompokkan di dalam kelompok pesawat, kan ada dua pesawat yang informasi kita terima bahwa mereka dikirim menggunakan dua penerbangan, penerbangan pertama dan penerbangan kedua,” jelas Didik.

Sementara itu, Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya, AKBP Hendy F Kurniawan, menuturkan masih ada lima WN Tiongkok yang saat ini masih diperiksa identitasnya.

“Yang kita terbangkan 143, sementara 5 orang lagi masih diperiksa paspornya,” terang Hendy.

Apa Reaksi Kamu?