Indonesia Diminta Untuk Ikut Redakan Ancaman Nuklir Korut

Rusmanto
Jumat, 19 Mei 2017 15:50 WIB
Oleh Rusmanto pada Jumat, 19 Mei 2017 15:50 WIB
Image Indonesia Diminta Untuk Ikut Redakan Ancaman Nuklir Korut
ilustrasi

WinNetNews.com - Uji coba rudal dan senjata nuklir yang telah dan akan dilakukan Korea Utara menjadi salah isu yang menjadi sorotan dunia. Hal itu memicu ketegangan di Semenanjung Korea.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii yakin, Indonesia merasakan ancaman yang sama terhadap aksi Kim Jong-un tersebut. Namun, Masafumi menegaskan bahwa Indonesia berhak menentukan arah diplomasinya.

Hubungan Indonesia dan Korut selama ini dinilai berjalan baik dan memiliki sejarah panjang.

Ditemui di sela-sela acara peringatan hari jadi Pasukan Bela Diri Jepang ke-63 Kamis (18/5/2017) Masafumi mengatakan, setiap negara berhak menentukan dengan siapa mereka akan membangun hubungan bilateral. Pilihan tersebut semuanya ada di tangan Indonesia.

"Namun saya yakin Indonesia juga merasakan ancaman dan dampak yang ditampilkan pihak Korut terhadap dunia internasional. Sehingga kami terus berupaya untuk melakukan komunikasi dengan pemerintah Indonesia mengenai isu Semenanjung Korea," ujar Masafumi.

Masafumi juga berharap Indonesia mampu membantu mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea. Ia mengatakan bahwa ia yakin pemerintah Indonesia mau membantu.

Selain kepada pihak Indonesia, Jepang juga berharap pada bantuan negara sekutu, yaitu Amerika Serikat dan Korea Selatan. Masafumi mengaku resah dengan tindakan beringas Korea Utara tersebut.

"Korea Utara mengancam keamanan kawasan. Kami sangat ingin bekerja dengan sekutu lainnya untuk isu Korea Utara," ujar Masafumi Ishii.

Baru Setahun Pacaran, Leonardo DiCaprio Putus dari Nina Agdal
Sesi II: IHSG Ditutup di zona Merah Turun 18 Poin

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.