Indonesia Dukung Terus Kemerdekaan Palestina

Indonesia Dukung Terus Kemerdekaan Palestina

Selasa, 19 Apr 2016 | 14:07 | Rusmanto
WinNetNews.com - Dukungan terhadap kemerdekaan Palestina terus digelorakan oleh persatuan negara Islam, termasuk Indonesia. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia menegaskan perlu aksi nyata dari semua pihak dalam pembebasan Palestina.

"Jadi dukungan Palestina tidak hanya bentuk komitmen perjanjian semata atau jangan retorika saja, tapi perlu dalam bentuk aksi nyata," ucap Direktur Diplomasi Publik Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI Al Busyra Basnur, Selasa (19/4/2016).

Pada Maret 2016, menurut Busyra, Indonesia sudah membuktikan komitmen mendukung Palestina melalui bidang politik dan diplomasi yaitu hadirnya Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Ramallah. Keberadaan Konhor RI ini diharapkan dapat menjadi pijakan Indonesia di Palestina.

"Konsul Kehormatan itu penting tidak hanya dari sisi politik saja, tetapi juga dari segi ekonomi. Adanya Konhur tersebut, diharapkan potensi ekonomi kedua negara dapat senantiasa dikembangkan," katanya.

"Kami terus memberikan pelatihan terhadap pemuda Palestina. Jadi pemuda Palestina itu kami undang ke Indonesia untuk mengikuti program capacity building," ujar Busyra.

Contah nyata lainnya, dia menuturkan program bantuan rakyat Indonesia terhadap Palestina juga dilakukan melalui pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza, pada 2016. Ribuan relawan dan puluhan ribu donatur telah banyak terlibat pembangunan RS Indonesia yang kini sudah beroperasi dan melayani ribuan pasien di wilayah tersebut.

"Pembangunan rumah sakit itu bukan oleh pemerintah Indonesia, tapi oleh kalangan masyarakat Indonesia di bawah koordinasi Medical Rescue Emergency-Committe (MER-C)," ucap Busyra.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...