Skip to main content

Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017, Solusi Cerdas  Perkotaan

Mendagri Tjahjo Kumolo saat membuka Indonesia Future City  REI Mega Expo 2017foto: Iwan wnn
Mendagri Tjahjo Kumolo saat membuka Indonesia Future City REI Mega Expo 2017foto: Iwan wnn

WinNetNews.com - Kompas Gramedia dan Dyandra Promosindo bekerja sama dengan Real Estat Indonesia (REI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) mempersembahkan Event: Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017. Acara ini akan digelar pada tanggal 14-24 September 2017 di Indonesia Convention and Exhibition BSD, Tangerang, Banten. Acara ini akan diisi dengan Pameran Model Kota Masa Depan (Future City Model) dan properti terbesar di tahun 2017. IFC & REI Mega Expo 2017 hadir dalam rangka mendukung program Pembangunan 1 Juta Rumah Murah di 8 propinsi yang dicanangkan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo, melalui Program Rumah Murah untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

Di sektor Pameran akan diikuti oleh seluruh pengembang yang tergabung dalam REI, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia yang mengusung temasmart city di bidang IICT (Infrastructure &Information Communication Technology),Energy, Environment, Security, Health,Financial, Transportation, Education dan lain sebagainya. Event ini bertujuan untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mempercepat tercapainya Pembangunan Kota Masa Depan di Indonesia.

Pembangunan Perkotaan di Indonesia, tentunya menjadi fokus utama bagi Pemerintah Pusat. Hal ini karena pembangunan Kota Masa Depan yang berdaya saing dan berkelanjutan itu, menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan Indonesia. Untuk itu, Kementerian PPN/Bappenas menelurkan Konsep Kebijakan dan Strategi Nasional Pembangunan Perkotaan 2015-2045. Di dalam konsep ini, Kota Masa Depan yang dicita-citakan adalah :

Kota Layak Yang aman dan NyamanKota Hijau yang berketahanan Iklim dan BencanaKota Cerdas yang berdaya saing dan berbasis teknologiMembangun Identitas Perkotaan Indonesia berbasis karakter fisik, keunggulan ekonomi dan budaya lokalMembangun keterkaitan dan manfaat antar kota dan desa-kota dalam sistem Perkotaan Nasional berbasis kewilayahan.

Dalam mewujudkan Kota Masa Depan ini, tentunya seluruh Kementerian teknis haruslah terlibat karena membutuhkan koordinasi lintas Kementerian. Diantaranya: Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian PU/PR, Kementerian Kominfo dan Kementerian Agraria dan Tataruang. Mewujudkan Kota Masa Depan ini juga harus mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik dari unsur pemerintahan, pelaku usaha, komunitas dan masyarakat termasuk beberapa asosiasi seperti Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Real Estat Indonesia (REI).

Pada acara ini, pengunjung juga dapat melihat unit-unit properti dari para pengembang terpercaya, antara lain Sinarmas Group, Lippo Group, Agung Podomoro Grup, Jababeka, Ciputra Grup, Metland, dan Alam Sutera. Bagi para pelaku industri dan peminat properti, dapat menghadiri berbagai konferensi dan kongres, diantaranya ICISS (International Conference on ICT for Smart Society), Kongres APIC (Asosiasi Pemrakarsa Indonesia Cerdas), C-Generation Summit, serta Konferensi mengenai Smartcity.

Kegiatan ini juga menghadirkan berbagai acara hiburan, mulai dari pawai budaya khas daerah-daerah di Indonesia, streetart festival, food festival, cooking demo, dan penampilan artis-artis ternama Ibu Kota. Menambahkan semarak dan keseruan kegiatan ini, pengunjung juga dapat mengikuti lomba-lomba menarik, diantaranya lombacheerleader, lomba karaoke, dan lomba menggambar untuk anak-anak SD. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Diharapkan Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 dapat menjadi event dua tahunan yang berkesinambungan sehingga benar-benar bisa menjadi ajang bagi seluruh pemangku kepentingan Pembangunan Kota Masa Depan Indonesia yang aman-nyaman, ramah lingkungan dan berdaya saing secara berkelanjutan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top