Indonesia Ingin Seperti Pemerintah India Mengenai Tax Amnesty

Indonesia Ingin Seperti Pemerintah India Mengenai Tax Amnesty

WinNetNews.com-Menurut pengamat ekonomi Aviliani, ia menilai pemerintah Indonesia ingin mewujudkan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) tahun ini dikarenakan, Indonesia sesungguhnya ingin seperti keberhasilan India ketika melakukan penerapan kebijakan yang sama. Aviliani jelaskan bahwa kebijakan tax amnesty yang lebih dulu dilakukan India, sudah berhasil menaikkan perkembangan ekonomi negara itu dari sebelumnya hanya di kisaran 4% kemudian berubah jadi 7%.

"‎India tumbuh luar biasa karena lakukan tax amnesty. Banyak dana orang India yang masuk selama beberapa tahun sehingga menarik pertumbuhan ekonomi dari 4% jadi 7%. Pemerintah ingin mencontoh India karena melihat dana orang di luar negeri yang katanya Rp11 ribu triliun," ungkap dia dalam acara Manager Forum XXIV MNC Group di Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Aviliani juga menambahkan bahwa dana yang parkir di luar negeri itu dapat masuk ke Indonesia sehingga bisa dipakai untuk pembangunan infrastruktur juga peningkatan pertumbuhan ekonomi berkualitas. Apalagi, kini dana yang ada di Indonesia masih didominasi pasar modal yang sifatnya jangka pendek dan sewaktu-waktu bisa keluar.

"Kalau di pasar modal, dana masuk ke Indonesia Rp87 triliun dan hanya masuk pada obligasi dan saham. Makanya rupiah sekarang Rp13.200 per USD. ‎Saat rupiah kita hampir Rp14.000 per USD, terus dana masuk hampir Rp87 triliun, mulailah kita menguat. Ini bisa jangka pendek, ketika ada tempat lain yang lebih menarik untuk investor," tambahnya.

Foto: http://www.politicalpeopleblog.com/