Indonesia Paling Banyak Konsumsi Garam Lho!

Rani
Senin, 02 Januari 2017 23:59 WIB
Oleh Rani pada Senin, 02 Januari 2017 23:59 WIB
Image Indonesia  Paling Banyak  Konsumsi Garam Lho!

WinNetNews.com - Studi Diet Total (SDT) juga mengungkap paparan berbagai jenis mineral dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Natrium termasuk jenis mineral yang banyak ditemukan, terutama dalam makanan yang mengandung garam.

Rerata paparan Natrium (Na) berdasarkan penelitian tersebut berada di rentang 1.749,5 - 1.782,8 mg/hari. Angka ini 76,07-77,51 persen lebih tinggi dibandingkan upper limits yang ditetapkan IOM (Institute of Medicine) tahun 2004 yakni 2.300 mg/hari.

"Paparan Na yang tinggi berisiko memicu hipertensi," kata Dr Siswanto, MHP, DTM, Kepala Badang Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), saat meluncurkan layanan e-Data di Kementerian Kesehatan, Rabu (20/7/2016).

Paparan beberapa mineral lain seperti Fe (besi) dan Mg (magnesium) juga tercatat lebih tinggi dari upper limits yang ditetapkan. Paparan natrium paling banyak berasal dari garam yakni 62,43 persen, sedangkan paparan magnesium antara lain berasal dari nasi yakni 16,47 persen.

Sedangkan untuk paparan logam berat, estimasi paparan arsen masih berada di bawah rentang 'BMDL 0,5 kanker paru', yakni Benchmark Dose Limit untuk memicu peningkatan risiko kanker paru sebesar 5 persen. Namun pada kelompok anak-anak di bawah usia 12 tahun, ditemukan potensi masuk ke dalam rentang tersebut.

Analisis cemaran residu pestisida juga tercatat masih dalam rentang aman. Potensi untuk melebihi batas aman ditemukan untuk jenis pestisida dari golongan organoklorin dan organophospat.

7 Benda ini Bisa Pengaruhi Kinerja di Kantor
Mungkinkah Argentina Lolos dan Masuk 16 Besar?

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.