Indonesia Paling Unggul dari Negara-negara Asia Tenggara dan Australia di Bidang Kekuatan Militer

Indonesia Paling Unggul dari Negara-negara Asia Tenggara dan Australia di Bidang Kekuatan Militer

Minggu, 21 Agt 2016 | 23:53 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Indonesia merupakan negara terbesar di kawasan Asia Tenggara. Jika dilihat dari segi pertahanan, Indonesia memiliki armada militer yang bakal membuat para negara tetangganya ketar ketir.

Menurut data dari Global Firepower Index (GFP Index), kekuatan militer Indonesia berada di atas rata-rata negara di Asia Tenggara, bahkan lebih tinggi di atas Australia, per tahun 2015 lalu.

Ada beberapa alasan yang membuktikan bahwa kekuatan militer Indonesia tidak boleh dipandang remeh oleh para negara tetangganya, termasuk Australia. Berikut ulasannya seperti dilansir dari boobastis.com.

Anggota Prajurit/Personel

Pada tahun 2014 lalu dalam skala global, Indonesia menduduki urutan ke-19 dunia sebagai negara dengan kekuatan militer yang kuat. Saat itu Indonesia berada di bawah Polandia dan di atas Australia. Dengan total populasi lebih dari 250 juta penduduk, jumlah personel militer di Indonesia mencapai 129.075.188 orang.

image0

Bila dilihat secara keseluruhan, terdapat 107,5 juta lebih yang siap untuk maju berperang ketika dibutuhkan, dan sekitar 476 ribu di antaranya adalah personel garis depan yang didukung oleh sekitar 400 ribu personel sebagai cadangannya. Bahkan Indonesia juga memiliki special force army atau biasa disebut Kopassus, yang menjadi salah satu tentara khusus paling ditakuti di dunia.

Persenjataan Darat

Kelengkapan alat persenjataan darat yang dimiliki militer Indonesia membuat negara ini tak bisa dipandang remeh begitu saja. Bahkan, pada tahun 2015 lalu, Indonesia menduduki peringkat 12 dunia, setelah setahun sebelumnya hanya menduduki posisi 19.

Selain memiliki alat tempur yang lengkap, banyaknya jumlah personel juga membuat negara-negara di Asia Tenggara bakal ketar ketir.

image1

Untuk jenis tank meliputi Main Battle Tanks (MBT), tank skala medium sampai tank perusak, kendaraan darat untuk tempur tersebut berjumlah 468 buah pada tahun 2015 atau bertambah 94 buah dibandingkan tahun 2014.

Militer Indonesia juga memiliki Armored Fighting Vehicles (AFVs) sebanyak 1.089 unit, Self-Propelled Guns (SPGs) sebanyak 37 buah, Towed-Artillery 80 buah dan Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) sebanyak 86 unit.

 

Persenjataan Laut

Indonesia sejak dahulu dikenal sebagai negara maritim karena banyaknya pulau yang terpisah oleh lautan. Sehingga, Indonesia terus berbenah membangun kekuatan armada militer lautnya.

Indonesia secara keseluruhan memiliki peralatan, kendaraan dan persenjataan untuk digunakan di lautan sebanyak 171 buah. Jumlah tersebut terbagi atas Corvette (26 unit), kapal selam (2 unit), Coastal Defense Craft (21 unit) dan Mine Warfare (12 unit).

image2

Selain total persenjataan darat, laut dan udara serta jumlah personel, Indonesia juga memiliki budget khusus yang dapat menyokong kekuatan militernya tersebut. Jadi bukan suatu hal yang terlalu melebih-lebihkan jika dikatakan bahwa kekuatan militer Indonesia berada di atas beberapa negara di Asia Tenggara, bahkan Australia.

Persenjataan Udara

Indonesia juga sudah memiliki banyak persenjataan udara, baik pesawat tempur hingga helikopter pengangkut yang juga bisa berfungsi dalam peperangan. Rusia adalah salah satu negara yang selalu menjadi langganan Pemerintah RI dalam pembelian alutsista udara.

image3

Tercatat, Indonesia pernah membeli sebanyak 10 jet tempur Sukhoi dari Rusia dan delapan helikopter Apache dari Amerika Serikat pada tahun 2013 lalu. Di tahun 2014, kendaraan tempur udara yang dimiliki Indonesia dalam data GFP tercatat sebanyak 381 buah mencakup semuanya, dan di tahun 2015 bertambah menjadi 405 unit.

Adapun jet tempur yang dimiliki Indonesia yakni sebanyak 30 buah, Fixed-Wing Attack Aircraft sebanyak 52 buah, pesawat pengangkut sebanyak 187 buah, Trainer Aircraft sebanyak 104 buah dan helikopter (umum dan tempur) dengan total 153 unit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...