Indonesia Resmi Gelar MotoGP pada 2021

Daniel
Daniel

Indonesia Resmi Gelar MotoGP pada 2021 Foto: Getty Images

Winnetnews.com - Setelah sekian lama menunggu, akhirnya MotoGP akan diselenggarakan di Indonesia pada 2021. Bukan Sentul yang akan jadi tuan rumah, melainkan sirkuit baru akan dibangun di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pihak Dorna sudah bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada akhir Januari 2019. Nantinya, tidak hanya MotoGP yang akan dilangsungkan di Lombok, tetapi juga ajang World Superbike (WSBK).

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menilai ini adalah sebuah langkah besar untuk MotoGP dan juga dunia motorsport di Indonesia. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk MotoGP di kawasan asia.

“Ini akan jadi projek yang unik, memiliki sirkuit kelas dunia di negara yang memiliki fans MotoGP terbesar. Indonesia adalah pasar utama kami mengingat persentase yang luar biasa dari fans motorsport di sini,” jelasnya seperti dikutip dari Crash.

“Atmosfer MotoGP akan semakin besar ketika sirkuitnya selesai. Kami juga memasukan Lombok ke kalender WSBK. Itu akan jadi sesuatu yang menarik untuk fans lokal memiliki dua kejuaraan dunia dalam setahun,” ujarnya.

Sirkuit yang akan digunakan nanti berkonsep street circuit. Sirkuit Mandalika akan memanfaatkan jalan raya untuk dijadikan trek balap. Pihak ITDC sendiri dikabarkan akan memulai pembangunan dasar jalan sirkuit pada Oktober 2019, dan ditargetkan selesai pada 2020. Vinci Construction dan Grand Projects akan menggarap bagian trek, paddock, dan hal lainnya yang mendukung untuk balap.

Apa Reaksi Kamu?