Indonesia Tolak Bantuan AS untuk Korban Gempa Palu. Kenapa?

Indonesia Tolak Bantuan AS untuk Korban Gempa Palu. Kenapa? Sumber:Antara

WinNetNews.com- Baru-baru ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah Indonesia menolak bantuan dari Amerika Serikat berupa kapal rumah sakit untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

"Nggak, kita (pemerintah) tidak terima itu. Mereka minta mau kirim kapal rumah sakit, cukup kita (punya)," kata Jusuf Kalla di kantor Wapres Jakarta.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, Jusuf Kalla mengatakan pemerintah menolak bantuan kapal rumah sakit dari Amerika Serikat karena berkaca pada tsunami Aceh 2004. Saat itu, kata Jusuf Kalla, tak banyak warga yang mau dirawat di kapal rumah sakit milik Indonesia.  "Kan pengalaman di Aceh dulu, yang mau naik kapal rumah sakit (milik Indonesia) itu hanya lima pasien," kata Jusuf Kalla. 

Menurut Jusuf Kalla, Indonesia lebih mengutamakan bantuan negara asing untuk proses rehabilitasi dan rekonstruksi. Sementara untuk bantuan yang bersifat kemanusiaan, kata Jusuf Kalla, sudah bisa diatasi sendiri oleh pemerintah Indonesia. 

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan duka cita atas bencana yang terjadi di Sulawesi Tenggara. Donald Trump menyebut bencana alam ini sebagai kondisi yang sangat buruk.  Trump juga mengatakan pihaknya siap memberangkatkan pasukan cepat tanggap dan militer untuk membantu Indonesia.