Indosat Merambah ke Bisnis Lain Selain Operator Selular
ilustrasi

Indosat Merambah ke Bisnis Lain Selain Operator Selular

Rabu, 12 Apr 2017 | 11:42 | Rusmanto

WinNetNews.com - Seiring dengan perkembangan teknologi beserta tantangannya di masa mendatang, Indosat Ooredoo tak ingin hanya sekedar jadi penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler.

Indosat Ooredoo memantapkan diri di bidang enterprise dengan menyediakan solusi IT bagi korporat, khususnya perusahaan yang ingin memanfaatkan digital sebagai penggerak perekonomiannya.

Director & Chief Wholesale and Enterprise Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono, mengatakan bahwa masih ada perusahaan yang masih bingung digital itu seperti apa dan manfaat bagi perusahaannya bila diterapkan.

"Kita punya misi baru di enterprise business di Indosat Ooredoo. Kita sadar masih ada perusahaan yang masih bingung digital itu, makanya kita coba dengan membuat roadmap bagi perusahaan atau klien kita memulai persiapan ke arah digital sehingga siap pada waktunya," tutur Herfini.

Tak hanya soal itu, Indosat Ooredoo juga menyediakan solusi tentang mengatasi tantangan dan tren bisnis ke depan, bagaimana solusi digital mendukung bisnis, dan bagaimana dampak transformasi ke arah digital.

Sebab, Herfini menjelaskan tak sedikit perusahaan yang belum tahu betul mengenai digital, misalnya pertanyaan mengenai apa harus disimpan di cloud, beli server sendiri, atau keamanannya bagaimana.

"Suka tidak suka, ternyata kebanyakan perusahaan di Indonesia ini soal per-ICT-annya masih belum terlalu tinggi (pemahamannya)," ungkapnya.

Meski sudah mengarah ke digital, isu keamanan juga perlu diperhatikan oleh korporat. Pengalaman Indosat Ooredoo dalam mengamankan perusahaannya ingin ditularkan kepada perusahaan lainnya.

"Visi kita ingin kembangkan 2-3 tahun ke depan, nanti ada langkah-langkah bagaimana memperkenalkan diri kita untuk siap pergi ke digital," kata Herfini.

"Kalau kita (dulu) memperkenalkan diri sebagai provider, sekarang kita membuka diri segala macam pengalaman kita tawarkan services ke lainnya," tambahnya.

Dari segi pengoperasiannya, Herfini tak memungkiri bahwa Indosat Ooredoo selama ini menawarkan mengenai telekomunikasi. Namun, sebagai penyedia solusi IT ini, Indosat Ooredoo telah bersiap diri karena berkolaborasi tim IT seperti IBM ataupun Lintasarta agar Indosat Oooredoo dapat menjadi ICT partner dengan korporasi

"Kalau kuartal satu kita berbicara data center, sekarang kuarta kedua fokus layanan keamanan ke pelanggan, kita anggap itu step kedua. Kita ingin Indosat Ooredoo jadi partner digital," ungkap Herfini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...