Indra Bekti Jadi Duta Sampah 2016

Indra Bekti Jadi Duta Sampah 2016

Senin, 25 Jan 2016 | 14:10 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Indra Bekti kini telah didaulat menjadi duta partai ember oleh Pemerintah Kota Depok. Partai di sini bukan berarti kelompok berorientasi politik, namun sebuah ungkapan mengenai program pemilahan sampah organik dan non-organik melalui ember di tingkat rumah tangga.

Ember yang telah dipilah akan dikirimkan ke unit pengolahan sampah. Buat sampah organik, nanti akan diproses menjadi pupuk sedangkan sampah plastik, akan didaur ulang atau dijual ke industri. Di sini, fungsi Indra Bekti sebagai duta adalah mengkampanyekan gerakan pemilahan sampah tersebut.

"Kota Depok bisa menjadi pionir dengan partai ember ini. Dan partai ember sudah selayaknya menjadi contoh agar semua daerah bisa mengikutinya. Dalam hal ini, saya menjadi juru kampanye. Saya akan menyebarluaskan program ini," katanya ketika acara peluncuran Partai Ember di Perumahan Griya Melati Mas, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Depok, Minggu kemarin.

Dia mengungkapkan kekagumannya terhadap proses pemilahan sampah yang kini tengah dilakukan. Secara makro, program tersebut menyasar perubahan pola pikir dari hulu atau sumber sampah, yakni rumah tangga.

Melalui partai ember, warga digerakkan untuk memilih sendiri sampahnya ke dalam tempat yang berbeda. "Saya sempat melihat secara detail pemilahan sampah ini. Awalnya memang ribet, tapi ini bermanfaat untuk diri sendiri," katanya.

Menurutnya, program tersebut butuh proses dan kerja keras. Namun yang terpenting, menurutnya, kesadaran dan kepedulian warga mengenai sampah harus muncul terlebih dahulu.

"Intinya adalah memanusiakan diri sendiri. Sebagai manusia agar bisa hidup sehat atau nyaman, harus menghargai diri sendiri. Kemudian Peduli dengan lingkungan, dan dengan yang di sekitar kita. Kita harus peduli dengan sampah. Termasuk cara pengelolaannya," kata dia.

Dilansir dari laman okezone 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...