Industri Logistik : Rumahkan Karyawan

Muchdi
Muchdi

Industri Logistik : Rumahkan Karyawan

Jakarta - Indonesia Kondisi perekonomiaanya Terus melambatnya, Salah satunya disektor industri logistik. Banyak sektor industri yang telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dengan kondisi seperti ini membuat pemasukan atau omzet di sektor industri logistik mengalami penurunan yang sangat signifikan, Ujar Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan .

Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan . di gedung BKPM, Jakarta, Senin 28 September 2015, Mengatakan "(Sektor) manufaktur kalau PHK itu sudah banyak dilakukan, akibat berkurangnya omzet hingga 30 persen. Itu sudah terjadi sejak sebelum Lebaran, sekitar bulan Mei-Juni lalu,"

Terkait beberapa banyak karyawan di sektor industri logistik yang telah dirumahkan, Yukki menjelaskan, saat ini penurunannya cukup besar.

"Kalau industri‎ logistik ini kan ada sekitar 175 ribu-225 ribu (karyawan) dari berbagai macam jenis pekerjaan. Jadi sekarang ada dua sampai tiga persen pelaku logistik sudah mulai merumahkan pegawainya," katanya.

Bahkan, Yukki memprediksi merumahkan karyawan ataupun PHK masih bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan logistik lainnya dalam waktu dekat.

Mengingat pemasukan yang didapatkan perusahaan tersebut cenderung menurun pendapatannya.

"Saat ini, teman-teman sudah mulai mengatur jam kerjanya. Jadi ada yg masuk sehari, besok libur. Jadi menurut saya kondisi ini cukup mengkhawatirkan. Karena memang penurunannya sudah terjadi diawal 2013 bahkan sampai sekarang," tuturnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});