Skip to main content

Industri Motor Indonesia ‘Digeber’ Agar Bisa Tingkatkan Ekspor

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com-Kementerian Perindustrian mendukung industri sepeda motor dalam negeri guna terus berupaya mencari terobosan baru dimana dapat memanfaatkan teknologi mesin yang efisien dan rendah emisi gas buang.

Usaha ini untuk menghasilkan sepeda motor yang ramah lingkungan, hemat energi juga aman dan nyaman dikendarai yang menjadi ciri produk masa depan sesuai kebutuhan pasar global.

”Saat ini industri sepeda motor sudah menggunakan Euro 3. Kami terus mendorong agar segera masuk ke Euro 4 karena standar emisinya lebih bagus dan dapat meningkatkan ekspor. Kami targetkan ekspor bisa mencapai 20 persen,” ucap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Pembukaan Indonesia Motorcycle Show 2016 di Jakarta, Rabu (2/11).

Menperin menyampaikan, meski ekspor sepeda motor meningkat 800 persen dalam tiga tahun terakhir, tetapi jika dihitung dalam bentuk jumlah unit masih terbilang kecil sebab hanya sekitar 300 ribu unit motor. Malahan, masih sangat jauh jika dibandingkan dengan kebutuhan pasar di Indonesia.

“Market di Indonesia sebesar 6 juta per tahun, berarti ekspornya baru 5 persen,” tambahnya.

Airlangga pun mengungkapkan, bahwa populasi sepeda motor di Indonesia mencapai 90 juta unit atau lebih dari sepertiga jumlah penduduk Indonesiasebanyak 250 juta jiwa. Jumlah ini memperlihatkan sepeda motor merupakan alternatif utama masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya di tengah ketersediaan transportasi publik yang belum maksimal.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top