Industri Pariwisata Siap Dongkrak Ekonomi RI

Muchdi
Sabtu, 30 Juli 2016 09:55 WIB
Oleh Muchdi pada Sabtu, 30 Juli 2016 09:55 WIB
Image Industri Pariwisata Siap Dongkrak Ekonomi RI

WinNetNews.com - Anjloknya harga komoditas yang turut berdampak kepada berbagai negara dunia menjadikan pelemahan ekonomi secara global. Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor sumber daya alam (SDA) terbanyak di dunia juga merasakan dampak dari anjloknya harga komoditas mulai dari kelapa sawit hingga karet.

Oleh karena itu, sektor pariwisata dianggap sebagai salah satu jalan keluar dari efek pelemahan ekonomi global. Saat ini, sedikitnya ada 8 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan adanya tambahan wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia hingga 2020 mencapai 20 juta orang per tahun.

"Salah satu hal yang saya optimis dari pariwisata. Wisatawan yang datang ke Indonesia ke Bali dan ke luar Bali mencapai 8 juta orang turis masuk ke Indonesia. Target Presiden 20 juta sepanjang 2019-2020. Sangat mungkin karena Thailand dan Malaysia 20 juta dan Turki 40 juta orang," jelas Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara saat membuka diskusi Diversifikasi Ekonomi untuk Mendorong Pertumbuhan yang Berkelanjutan di Kantor BI Lampung, Jumat (29/7).

Terlebih lagi, pemerintah Indonesia membebaskan visa kunjungan kepada 160 negara untuk menarik minat wisatawan mancanegara. Kebijakan ini diharapkan mampu menggairahkan sektor pariwisata di dalam negeri.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga diminta untuk berperan aktif dalam menyambut wisatawan yang berkunjung ke daerahnya. Mempermudah akses dengan membangun jalan dan jembatan dianggap perlu agar sektor pariwisata di daerah bisa naik.

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Ciri-ciri Kalau Kamu Diikuti Makhluk Halus

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.