Influencer ini Palsukan Jumlah Followers Demi Bisa Makan Gratis
Foto: Unsplash/Max Libertine

Influencer ini Palsukan Jumlah Followers Demi Bisa Makan Gratis

Selasa, 16 Jun 2020 | 09:41 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Seorang influencer biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial mereka. Para warganet memutuskan untuk mengikuti seorang influencer biasanya disebabkan karena mereka kreatif dan memiliki hal positif yang dapat ditiru.

Akan tetapi belum lama ini, seorang influencer mendapat tuduhan telah memalsukan jumlah pengikutnya. Hal ini diungkapkan oleh rekan kerjanya yang merasa dirugikan melalui akun Facebooknya.

Dikutip dari World of Buzz, pemasok makanan segar dan beku Frozendozen, Venie Lin, membagikan pengalaman tidak menyenangkan yang dialaminya setelah bekerja sama dengan Xue Wei. Wanita ini merupakan pemilik akun Instagram dengan nama An Affair With Food (@anaffairwithfood), dianggap telah memalsukan jumlah pengikutnya sebanyak 22.000 demi mendapatkan makanan gratis.

Kerja sama yang terjadi antara Venie Lin dengan Xue Wei terjadi setelah sang influencer menawarkan untuk membantu Frozendozen untuk melakukan promosi. Dia menawarkan tiga bulan kerja sama dan mengatakan akan mendukung usaha lokal di tengah pandemi ini.

Jumlah followers yang cukup banyak, membuat Venie tertarik untuk bekerja sama dengan kontrak kerja sebanyak Rp4,2 juta. Akan tetapi Xue Wei enggan menandatangani kontrak, sehingga Venie hanya mengirimkan makanan seharga Rp1,4 juta terlebih dahulu.

Akan tetapi setelahnya, Venie menemukan hal aneh. Pasalnya setiap kali sang influencer rata-rata hanya mendapatkan likes dari sekitar 50 hingga 60 pengguna Instagram.

Kejanggalan itu membuat Venie memutuskan untuk melakukan penyelidikan akun AAWF dengan menggunakan bantuan website Social Blande. Berdasarkan website tersebut, akun Instagram Xue Wei hanya memperoleh engagment rate sebesar 0,95% dan lonjakan penurunan dan peningkatan pengikut yang tidak stabil dalam beberapa bulan.

memalsukan jumlah <b class=followers" height="450" src="https://asset.winnetnews.com/uploads/images/Nurul%20Faradila-1592274166.jpg" width="800">
Foto: World of Buzz

Venie lantas meminta ganti rugi kepada sang influencer. Dia juga sebelumnya sempat menawarkan AAWF untuk mengadakan give away, akan tetapi Xue Wei malah meminta bayaran ditambah hingga Rp4,3 juta.

Keadaan ini membuat Venie mengakhiri kerja samanya dengan sang influencer dan mengirimkan bukti yang ditemukannya. Akan tetapi Xue Wei malah memberikan balasan dan mengatakan kalau ia akan mengambil tindakan hukum dan menolak untuk mengembalikan uang yang sudah diterimanya.

Sang influencer meminta agar Venie tidak mempublikasikan masalah ini, karena dapat berdampak pada pekerjaannya yang akan mendatang. Namun Venie pada akhirnya malah membagikan kisahnya ini di akun Facebook pribadinya dan kirimannya tersebut pun viral.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...