Ingat! Depresi Bukan Berarti Kamu Harus Sendirian

Oky
Oky

Ingat! Depresi Bukan Berarti Kamu Harus Sendirian PeopleImages

Winnetnews.com - Mengalami masalah dalam hidup seperti konflik pada situasi atau kejadian yang tidak menyenangkan terkait dengan diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar membuat banyak orang sebenarnya berada pada titik tertekan. Apalagi ketika tidak memiliki teman yang bisa diandalkan untuk bercerita. Tidak adanya solusi untuk masalah dan segan untuk menceritakan permasalahan menjadi faktor yang sering kali muncul. Beberapa faktor pencetus tersebut membuatmu mengalami atau memiliki saat-saat di mana diri kita merasa down, yakni sedih, kecewa, tidak bersemangat, stress, dan bahkan depresi.

Tuntutan hidup yang berdampak pada stress berlebih dapat berdampak pada gangguan kesehatan mental. Banyak yang tidak tahu bahwa tingkat depresi dan stress bisa mengakibatkan kegilaan, gangguan mental dan bunuh diri. Tidak sedikit penderita gangguan mental cenderung depresi memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Menurut data WHO (World Health Organization) pada 2010, angka bunuh diri akibat depresi di Indonesia mencapai 1,6 sampai 1,8 per 100.000 jiwa. Tentu jika tidak ada upaya bersama pencegahan bunuh diri, angka tersebut bisa tumbuh dari tahun ke tahun. WHO memprediksi pada tahun 2020 angka bunuh diri di Indonesia secara global menjadi 2,4 per 100.000 jiwa.

Dari data diatas bisa tersimpulkan betapa pentingnya pengaruh kesehatan mental dalam kehidupan setiap orang. Namun, mirisnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap rendah pentingnya kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kesehatan mental itu penting;

  1. Setiap orang berhak atas jiwa raga yang sehat.
  2. Setiap yang kamu rasakan harus diungkapkan dengan cara yang benar.
  3. Bercerita tentang masalah bukan berarti kamu lemah.
  4. Kamu layak memperjuangkan kebahagiaan.
  5. Kamu bisa mengerti bagaimana cara menghargai orang dengan semua masalah hidupnya.
  6. Kamu lebih tahu cara menghargai diri sendiri.

Konsultasi dengan Psikolog atau Psikiater bisa menjadi tujuan yang tepat untuk masalah ini jika kamu merasa tidak memiliki seseorang untuk membantu. Tetapi sayangnya, tenaga profesional Psikolog dan Psikiater pun juga masih dianggap sebelah mata. Banyak pandangan masyarakat Indonesia yang berfikiran bahwa konsultasi dengan Psikolog atau Psikiater hanyalah untuk orang-orang yang memiliki gangguan kejiwaan atau gila. Nyatanya, konsultasi dengan Psikolog atau Psikiater bisa menjadi tempat untuk mengeluarkan perasaan ataupun tempat cerita bagi mereka yang sedang merasa kesulitan.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai konsultasi Psikologi : 

Apa itu Konsultasi Psikologi?

Konsultasi psikologi adalah tindakan diagnostik untuk menilai keadaan pikiran pasien dan bagaimana keadaan tersebut memengaruhi perilaku dan jalannya kehidupan pasien. Psikolog akan membuat rencana pengobatan yang sesuai dengan keadaan pasien, berdasarkan serangkaian tes dan hasil yang ditunjukkan. Rencana ini dilakukan dan dipantau seluruhnya melalui janji temu antara psikolog dan pasien. Psikologi tidak hanya mempelajari pikiran, namun juga mempelajari hubungan antara pikiran dan pengaruhnya terhadap perilaku, sifat, kemampuan belajar dan kognitif, kemampuan motorik, dan fungsi manusia secara keseluruh. Praktisi psikologi disebut Psikolog.

Bagaimana Cara Kerja Konsultasi Psikologi?

Konsultasi biasanya dilakukan di klinik psikolog, yang dirancang untuk memenangkan dan membuat pasien nyaman sehingga mengurangi tingkat tekanan dan kegelisahan pada pasien. Psikolog memulai konsultasi dengan menanyakan tujuan pasien, diikuti dengan analisis tiap arahan, temuan, dan work-ups. Psikolog akan melakukan tes yang berbeda, termasuk pemeriksaan fisik dan juga wawancara klinis. Tes tertentu juga akan dilakukan seperti tes IQ, sifat dan perilaku. Kemudian, pasien perlu kembali untuk diagnosis resmi atau rencana pengobatan. Psikolog menggunakan metode konseling untuk menggali masa lalu pasien, mencari akar permasalahan pasien, mendiagnosa jenis gangguan psikologi yang dirasakan. Sehingga, dari proses konseling tersebut, Psikolog dapat melakukan proses treatment maupun terapi psikologi. Terapi yang digunakan seperti terapi perubahan perilaku, terapi Kongnitif berhavioral, terapi transpersonal, dan beberapa metode lainnya.

Beberapa manfaat dari konseling dengan Psikolog:

  1. Untuk memunculkan perubahan perilaku secara fisik dan psikis.
  2. Memunculkan perasaan menerima pada seseorang mengenai semua permasalahan yang dialami.
  3. Membantu untuk lebih memahami permasalahan yang dihadapi.
  4. Membantu untuk menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat.
  5. Bisa lebih memahami akan dirinya sendiri serta permasalahan yang dihadapinya.
  6. Bisa mengetahui prioritas dalam hidupnya. Permasalahan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu sehingga cara ia bertindak bisa lebih efektif.
  7. Manfaat lain dari konseling tentu saja untuk menurunkan tingkat stress yang dialami pasien. Stress meskipun tidak berbahaya namun jika dibiarkan terus menerus maka berpotensi mengakibatkan gangguan psikis yang lebih sulit untuk ditangani nantinya.

Menumbuhkan kesadaran seperti diatas bisa diperoleh dengan melakukan konseling psikologi. Maka dari itu, jangan takutlah melakukan konsultasi psikologi jika kamu merasa membutuhkan.  Banyak manfaat positif yang bisa kamu ambil. Yuk, mulai mementingkan kesehatan mental dan ingat, depresi bukan berarti kamu harus sendirian.

 

Ditulis oleh Kaniza Wibisono

Mahasiswi LSPR Jakarta

Apa Reaksi Kamu?