Ingat… Makan Buah Juga Ada Waktunya Loh, Kapan?

Ingat… Makan Buah Juga Ada Waktunya Loh, Kapan? Ilustrasi buah nanas (iStockphoto)

WinNetNews.com - Walaupun merupakan makanan yang sehat, namun buah juga perlu dikonsumsi sesuai aturan. Beberapa ahli juga merekomendasikan untuk memakan buah berdasarkan waktunya.

Buah mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Efek positif dan negatif pun bisa didapat dari makanan tersebut, tergantung dari waktu Anda mengonsumsinya.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Times of India. Minggu (23/9/2018), berikut ini beberapa waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi buah-buahan.

1. Pagi

Pagi hari dianggap sebagai saat terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan. Hal tersebut karena gula alami di dalamnya akan terserap dengan cepat dan memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

2. Sebagai makanan ringan

Buah juga bisa menjadi makanan ringan yang terbaik. Ketika dimakan sebagai camilan, mereka menghentikan Anda dari mengonsumsi makanan sampah. Ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Camilan sebelum dan sesudah latihan

Mengonsumsi buah sebelum berolahraga juga baik dilakukan. Hal ini karena Anda membutuhkan energi untuk melakukan latihan. Makan buah bisa membantu mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Setelah sesi olahraga, tubuh akan kehilangan energi dan Anda bisa mengonsumsi buah sebagai camilan. Hal ini karena buah-buahan merupakan makanan yang rendah kalori, tinggi mineral, dan serat, yang membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain waktu-waktu di atas, ada beberapa saat di mana Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi buah-buahan.

1. Tepat sebelum tidur

Gula dalam buah dapat membuat Anda terjaga dan sulit beristirahat. Dianjurkan, konsumsilah makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur. Hal ini juga berlaku untuk buah-buahan.

2. Tepat setelah dan sebelum makan besar

Anda harus mempertahankan antara asupan buah dan makanan utama. Beberapa buah bisa menyebabkan gangguna pencernaan jika dikonsumsi sebelum makan. Selain itu, Anda juga tidak mendapatkan semua nutrisi darinya.

Sementara itu, pasien diabetes paling tidak harus menunggu satu jam sebelum makan dan dua jam setelahnya untuk mengonsumsi buah.

3. Bersama dengan makanan

Konsumsi buah dengan makanan lain bisa memperlambat proses pencernaan. Itu berarti buah tertahan lebiih lama di perut dan terjadi fermentasi.

Buah-buahan yang kaya serat bisa dicerna lebih lambat dan membuat proses lebih panjang lagi.