Ingin Berinvestasi Emas? Berikut Cara Meneliti Emas Asli atau Palsu

Khalied Malvino

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 3 Menit

Ingin Berinvestasi Emas? Berikut Cara Meneliti Emas Asli atau Palsu
Menggigit emas merupakan salah satu cara simpel dalam membedakan emas asli atau palsu. (Foto: Warrington Guardian)
Winnetnews.com -  Investasi emas memang menjanjikan, terlebih di masa pandemi virus corona yang diprediksi oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO akan terus menjamur di hampir ratusan negara di dunia.

Bertanam modal emas juga menjadi sarana menyongsong masa depan yang lebih baik. Maka, buat kamu yang ingin berinvestasi emas jangan sampai salah strategi ya. Jangan takut untuk tidak bisa berinvestasi emas di negeri sendiri.

Kamu bisa membeli logam mulia di tempat resmi, yakni PT Aneka Tambang Tbk (Antam) lho! Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga sudah lama bekerja sama dengan Pegadaian, salah satu jasa penjaminan dan pelelangan barang.

Ada hal penting nih yang Winners wajib tahu jika ingin berinvestasi di bidang logam mulia, salah satunya adalah mencegah penipuan. Ada perbedaannya lho antara emas yang asli dan palsu.

Nah, agar kamu tidak mudah tertipu oleh sistem penanaman modal dengan logam mulia atau emas batangan ini perlu memahami beberapa langkah dalam mengidentifikasi mana emas asli dan palsu seperti dilansir GenPi, Jumat (3/7).

1. Tanda berupa cap

Hal pertama yang perlu kita perhtaikan pada emas asli adalah adanya sejumlah tanda khusus. Cap tersebut menandakan kadar emas tersebut, misalnya 24 karat disimbolkan dengan 24K. Perhatikan sekali lagi ya jika emas batangan sudah ada di tangan kamu, Winners.

2. Gosokkan emas

Cara ini terbilang efektif, Winners. Mengapa? Karena hal ini sangat mudah bagi Winners dalam mendeteksi apakah emas yang ada di tangan Winners itu asli atau palsu.

Winners bisa menggosok emas dengan telapak tangan atau hanya jari telunjuk saja. Setelah digosok, jika warna emas tersebut tidak pudar, itu menandakan emas tersebut asli ya. Tapi, kalau warna emasnya berubah menjadi tidak seragam, sudah jelas itu adalah emas palsu.

Coba gosokkan lagi emasnya dan perhatikan baik-baik warna emasnya ya, WInners.

3. Digigit

Emas tergolong dalam logam mulia lunak. Karenanya, emas sangat mudah untuk dibentuk. Yang harus kamu pahami, bentuk fisik emas asli akan semakin lunak jika digigit.

Makin lunak emas tersebut saat digigit, kadar karat emas tersebut makin tinggi ya, Winners. Setelah digigit di bagian permukaan emas, cek lagi tuh pada emas yang kamu pegang saat ini. Ada bekas gigitan yang tertinggal atau tidak sama sekali. Apabila terdapat bekas gigitan, dipastikan itu adalah emas asli.

Tapi Winners jangan sampai salah membedakan antara emas asli dan palsu ya. Perbedaan bekas gigitan antara emas asli dan palsu sangat tipis lho! Kenapa bisa beda tipis? Karena emas palsu juga terbuat dari timah yang termasuk dalam golonga lunak.

Jadi sebaiknya diteliti lagi ya ketika menggigit emas. Jangan sampai setelah digigit lalu dikunyah, karena berbahaya. Mending beli coklat di warung atau minimarket. Hihihi...

4. Arahkan ke magnet

Magnet tidak hanya berfungsi untuk menempelkan benda-benda logam, misalnya pajangan magnet yang ada di kulkas di dapur rumah kamu ya.

Selain mengandung logam mulia yang lunak, emas memiliki sifat nonmagnetis. Nah, hal ini rupanya membuktikan jika emas asli tidak menempel atau tertarik saat diarahkan ke magnet.

Tapi, cara ini memang kurang efektif untuk membuktikan keaslian emas. Karena masih banyak sifat logam selain emas yang juga bersifat nonmagnetis.

Nah, kalau si dia bersifat nonmagnetis juga enggak ya?

5. Download aplikasi CertiEye

Last but not least, jika kamu ingin berinvestasi emas dan mencari perbedaan antara emas asli dan palsu, kamu bisa mengunduh aplikasi CertiEye di ponsel kamu. Langkah selanjutnya, kamu dapat memindai pada barcode atau CertiCode yang terdapat pada emas batangan.

Apabila aplikasi berhasil, melakukan pemindaian di barcode produk, akan muncul logo ANTAM dan tulisan AUTHENTICATED yang menunjukkan keaslian emas.

Nah, itu tadi lima langkah mengetahui apakah emas batangan yang ingin kamu investasikan itu asli atau palsu? Selamat mencoba ya, Winners!

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...