Ingin Buat SIM? Sekarang Harus Ikut Tes Psikologi, Biaya Akan Bertambah!
Sumber : Istimewa

Ingin Buat SIM? Sekarang Harus Ikut Tes Psikologi, Biaya Akan Bertambah!

Rabu, 20 Jun 2018 | 20:01 | Oky

Winnetnews.com - Ditlantas Polda Metro Jaya akan menerapkan kebijakan baru menambah tes psikologi bagi masyarakat yang memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Kebijakan itu untuk semua jenis SIM, mulai dari A, B, dan C, berlaku pada Senin 25 Juni 2018.

Kasi SIM Polda Metro Jaya Kompol Farid menyebutkan, sebelumnya perpanjangan SIM hanya untuk pengemudi umum atau plat kuning yang diberlakukan tes psikologi, tapi sekarang semua akan diberlakukan tes psikologi. Sehingga akan ada biaya tambahan bagi warga dalam proses pembuatan SIM.

Ketentuan tahapan tes psikologi itu, kata Farid sesuai amanat Pasal 81 Ayat 4 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Serta tertuang dalam Pasal 36 Peraturan Kapolri No 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

“Dengan diterapkan tes psikologi ini diharapkan mencegah kejadian laka lantas yang disebabkan oleh faktor psikologis dari pengemudi. Kita juga berkaca dari kejadian di Tugu Tani pada tahun 2015 lalu, yaitu tersangka CDS menabrakkan mobilnya ke sejumlah pejalan kaki dan beberapa tewas. Dari pemeriksaan tersangka memiliki gangguan kejiwaan,” ucap Farid,” kata Farid, Selasa (19/6).

Dikatakan, dalam pelaksanaan tes itu, Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan lembaga psikologi yang sudah terverifikasi. Sehingga akan ada dampak terhadap biaya, ada tambahan biaya baru dan biayanya belum ditentukan. “Kemarin untuk tes psikologi umum, ada tambahan biaya sebesar Rp 35 ribu. Tapi untuk sekarang belum kita tentukan,” tukasnya.

Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Halim Pagarra menjelaskan tambahan tes psikologi pembuatan SIM baru akan diterapkan di Polda Metro Jaya dan ke depannya aturan itu dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini kan baru umum saja. Nanti semua proses pembuatan dan perpanjangan SIM diberlakukan tes psikologi,” pungkas Halim. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...