Ingin Cepat Tidur Nyenyak? Yuk Konsumsi 7 Camilan Ini
ilustrasi tidur nyenyak. ©www.msn.com

Ingin Cepat Tidur Nyenyak? Yuk Konsumsi 7 Camilan Ini

Minggu, 26 Apr 2020 | 18:26 | Muchdi

Winnetnews.com -  Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya dibutuhkan tubuh yang rileks, beberapa makanan juga dikenal dapat membantu Anda tertidur dengan cepat dan nyenyak.

Tidur yang berkualitas dapat mengurangi risiko penyakit kronis, menjaga kesehatan otak dan pencernaan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang dewasa disarankan tidur selama 7-8 jam setiap malamnya.

Ada banyak strategi yang dapat digunakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, salah satunya adalah dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Beberapa makanan diketahui memiliki sifat yang dapat membantu tidur.

Mengutip berbagai sumber, berikut camilan makanan dan minuman yang ampuh membantu Anda tertidur dengan cepat.

1. Almond

Almond bersama jenis kacang lainnya disebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Almond merupakan sumber hormon melatonin yang membantu mengatur tidur.

Almond juga merupakan sumber magnesium yang baik. Mengutip Healthline, konsumsi magnesium dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi mereka yang mengalami insomnia.

Peran magnesium ini didapat karena kemampuannya mengurangi peradangan. Magnesium juga dapat mengurangi kadar hormon kortisol pencetus stres yang diketahui sebagai penyebab utama gangguan tidur.

2. Teh chamomile

Teh chamomile dikenal akan manfaatnya yang kaya, salah satunya untuk membantu tidur dan mengurangi kecemasan.

Secara khusus, teh chamomile mengandung apigenin sebagai salah satu agen antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan rasa kantuk.

Salah satu studi pada orang dewasa menemukan, mereka yang mengonsumsi 270 miligram ekstrak chamomile dua kali sehari tertidur 15 menit lebih cepat dan jarang terbangun di malam hari dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi.

Minum teh chamomile sebelum tidur patut Anda coba.

3. Kiwi

Beberapa penelitian menemukan bahwa kiwi menjadi salah satu makanan terbaik sebelum tidur.

Dalam sebuah studi, orang dewasa mengonsumsi dua buah kiwi pada satu jam sebelum tidur. Hasilnya, peserta tertidur 42 persen lebih cepat daripada ketika mereka tidak makan apa pun sebelum tidur.

Kiwi diduga dapat meningkatkan produksi serotonin, zat kimia yang membantu mengatur siklus tidur. Penelitian juga menemukan, vitamin C dan karotenoid pada kiwi juga dapat membantu tidur.

4. Kacang kenari

Konsumsi kacang kenari diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur. Kacang kenari dikenal sebagai salah satu sumber makanan terbaik dari hormon melatonin si pengatur tidur.

Susunan asam lemak yang dimiliki kenari juga berkontribusi untuk kualitas tidur yang lebih baik. Kenari mengandung asam lemak omega-3 DHA yang dapat meningkatkan produksi serotonin, zat kimia pada otak yang meningkatkan tidur.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...