Ingin Hangatkan Tubuh Saat Udara Dingin? Ini Loh Makanan dan Minuman yang Pas Dikonsumsi
ilustrasi Menjaga tubuh tetap Hangat ( Photo Shutterstock )

Ingin Hangatkan Tubuh Saat Udara Dingin? Ini Loh Makanan dan Minuman yang Pas Dikonsumsi

Minggu, 30 Jun 2019 | 14:04 | Muchdi
Winnetnews.com -  Suhu dingin di malam hingga pagi kini tengah dirasakan masyarakat di beberapa wilayah Pulau Jawa. Biasanya, saat suhu rendah paling nikmat mengonsumsi makanan yang dapat menghangatkan tubuh.

Selain hangat, pastikan juga ada kandungan nutrisi di dalamnya. Kekurangan nutrisi justru dapat berdampak buruk pada tubuh. Konsumsi makanan yang tepat tak hanya memberikan efek menghangatkan pada tubuh tetapi juga menyehatkan.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Health, dikutip  Minggu (30/6/2019),  berikut makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi saat suhu dingin akhir-akhir ini:

1. Oatmeal

Oatmeal dapat dikonsumsi saat suhu dingin seperti ini. Misalnya menjadikan soto oatemal atau bubur Menado. Gandum di dalam oatmeal memiliki kandungan serat dan protein yang baik untuk tubuh.

Satu mangkuk oatmel akan cukup untuk membuat Anda merasa kenyang. Oatmel pun juga memiliki kandungan pati yang disebut beta-glucan.

Sebuah penelitian dalam Nutrition Reviews menemukan bahwa 3 gram beta-glucan per hari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 5 hingga 10 persen.

Jika mau mudah bisa juga dengan menambahkan air panas ke oatmeal. Lalu, tambah nutrisi ekstra lewat pemilihan topping yang tepat.

"Untuk mendapatkan lemak baik, saya menambahkan almond butter dan chia seeds," kata Ahli Diet, New York City, Keri Gans.

2. Sup Kol

Sup kol dapat memberikan efek hangat pada tubuh saat dikonsumsi. Tak hanya itu, kol memiliki serat dan nutrisi yang dapat melawan kanker. Kol juga kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini terbukti dapat menurunkan gejala pilek.

3. Minuman cokelat panas

"Saat membuatnya, saya suka untuk memasukan dua kotak cokelat hitam lalu mencampurkannya ke dalam susu biasa atau susu almond," kata ahli diet, Cynthia Sass.

Cokelat hitam mengandung flavonoid yakni antioksidan yang dapat menurunkan penyakit yang disebabkan radikal bebas. Sebuah studi dalam Journal of Immunlogy Research menemukan bahwa sel darah merah lebih kuat terhadap radikal bebas setelah konsumsi minuman dengan kandungan flavonoid.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...