Ingin Hidup Anda Lebih Bahagia? Keluarlah!

Ingin Hidup Anda Lebih Bahagia? Keluarlah!

Sabtu, 30 Jan 2016 | 10:05 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Jika Anda hidup di hutan beton dengan segudang rutinitas kerja yang membosankan, tampaknya Anda perlu mencari ruang terbuka, seperti taman atau pemandangan pedesaan lengkap hamparan sawah dan udara yang sejuk. Pemandangan indah dan udara yang sejuk tentu akan membantu Anda mengendurkan otot-otot yang tegang, stres yang meningkat, dan frustrasi akibat badai cobaan sebagai manusia kota.

Namun demikian, masih banyak manusia kota yang menganggap dirinya bisa lebih tenang dari rutinitas pekerjaan hanya dengan duduk di sofa sambil memandang taman rumah. Padahal banyak manfaat yang didapat dari sekadar 15 menit pergi ke taman atau lebih dari itu, pergi ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Selain mendatangkan ketenangan, banyak manfaat lainnya dari menyempatkan diri pergi dari rumah dan keluar dari rutinitas keseharian.

 

Membuat Hidup Lebih Berarti

Menyempatkan diri pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya merupakan cara tepat bagi Anda untuk hidup lebih berarti. Keluarlah, dan kunjungi orang-orang di luar diri Anda, hal ini akan membantu Anda untuk lebih berempati. 

Suatu studi mengatakan, orang akan lebih bahagia saat mereka melakukan tugas-tugas dan kegiatan di luar ruangan, dan bersinggungan dengan orang di luar etnis dan kelompok Anda. Keluar rumah dan singgah ke suatu desa terpencil merupakan salah satu cara untuk dapatkan hidup yang lebih bahagia.

Menjernihkan Kerja Otak

Rutinitas di dalam rungan tentu membuat kerja otak jadi monoton. Otak tentu membutuhkan stimulan agar pola kerja otak tetap tajam dan tidak mudah lupa. Menurut penelitian yang diterbitkan Plos One, lingkungan alam dengan pemandangan hijau dapat menciptakan rasa baru yang menghasilkan kegembiraan dalam pikiran kita. Berada di luar ruangan memungkinkan pikiran kita mengembara dan memacu kerja otak lebih jernih dan kreatif.

Menghindarkan Diri dari Stres

Dalam dunia modern muncul istilah Ecotherapy, yaitu terapi yang menggunakan pemandangan alam sebagai alat untuk menstimulasi pikiran agar tetap tenang. Suatu studi yang dilakukan peneliti di University of Essex menemukan bukti bahwa berjalan-jalan di alam terbuka dapat menurunkan tingkat depresi hingga 71 persen. Suara alam, seperti siulan burung, embusan angin yang menerpa pepohonan, atau bunyi teriakan kodok juga memiliki efek yang signifikan bagi pemulihan stres.

Lebih Sehat secara Fisik

Anda bisa mengatakan bahwa duduk di sofa sambil memandang taman rumah saja bisa menghilangkan kepenatan dan membuat hidup lebih bahagia. Pernyataan itu mungkin benar, tapi apa artinya jika pikiran tenang tapi raga tidak sehat karena jarang digerakan. Jika Anda bisa meluangkan waktu 15 menit saja untuk berjalan-jalan ke luar rumah, tentu hal tersebut akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Secara umum, orang yang menghabiskan waktu di luar rumah lebih sehat secara fisik.

Makin Cinta pada Dunia

Menyempatkan diri ke luar rumah dan keluar dari rutinitas kehidupan membuat Anda semakin cinta dunia. Cinta dunia bukan berarti Anda harus berlama-lama hidup di dunia dengan berbagai upaya. Cinta dunia adalah Anda akan lebih menghargai hidup dan kehidupan. Sifat menghargai kehidupan akan membentuk pola hidup Anda menjadi lebih baik. Misalnya, tidak lagi membuang sampah sembarangan, menggunakan barang yang ramah lingkungan, dan membawa kantong sendiri saat berbelanja. Jadi, tunggu apa lagi, keluarlah dan rasakan manfaatnya.

Dilansir dari laman onegreenplanet dan liputan6

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...