Ingin Kualitas Udara di Dalam Rumah Menjadi Lebih Sehat? Ini Caranya
ilustrasi rumah sehat ( Photo Istimewa )

Ingin Kualitas Udara di Dalam Rumah Menjadi Lebih Sehat? Ini Caranya

Minggu, 17 Mei 2020 | 14:06 | Muchdi

Winnetnews.com -  Buruknya kualitas udara di luar rumah yang terjadi pada saat ini membuat kita jadi kerap terpapar kondisi jelek tersebut. Sayangnya bahaya tersebut juga bisa kita alami di rumah jika kerap dalam kondisi terlalu terbuka dan tertutup.

Untuk menghindari buruknya kualitas udara di luar rumah, berlindung di dalam rumah bisa jadi suatu jalan keluar. Sayangnya, kurangnya sirkulasi udara di dalam rumah bisa jadi penyebab buruknya kualitas udara di rumah.

Buruknya kualitas udara di dalam rumah ini bisa berdampak lebih buruk dibanding luar rumah. Pasalnya sejumlah hal bisa menyebabkan meluap dan munculnya racun pada udara di rumah.

Untungnya, hal ini bisa dihindari dengan lebih mudah dibanding dengan polusi udara di luar rumah. Dilansir dari The Health Site, berikut cara efektif dan mudah untuk tingkatkan kualitas udara di dalam rumah.

-  Sering Buka Jendela

Walau udara di luar rumah cukup buruk, namun tak berarti kamu harus menutup rumah sepenuhnya. Dengan ventilasi udara yang baik, alergen yang ada di dalam rumah bakal tidak bertumpuk. Hal ini bisa membuat kualitas udara lebih baik. Walau begitu, sebaiknya juga jangan buka rumah terus-menerus.

- Beri Tanaman di Dalam Rumah

Cara terbaik untuk menghilangkan racun di dalam rumah adalah dengan meletakkan sejumlah tanaman dalam rumah. Sejumlah tanaman memiliki kemampuan untuk menghilangkan ammonia, benzena, dan formaldehida dari udara dalam rumah.

- Letakkan Salt Lamp

Lampu ini bisa memproduksi ion yang meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Hal ini ternyata juga dapat menghilangkan iritan udara, patogen, serta alergen dalam ruangan.

- Beri Minyak Esensial di Dalam Ruangan

Menurut penelitian yang dipublikasikan ke National Institute of Health (NIH), minyak esensial bisa membunuh bakteri yang berterbangan di dalam rumah. Minyak ini juga bisa membantu menghilangkan virus, jamur, dan cendawan di dalam ruangan.

- Bersihkan Filter AC secara Rutin

Filter udara pada AC perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah sejumlah masalah baik kesehatan maupun fungsinya. Terkumpulnya debu di filter AC bisa merusak kualitas udara di rumah serta meningkatkan risiko udara.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas udara yang ada di dalam rumah. Lakukan hal tersebut secara teratur agar kondisi udara di dalam rumah menjadi sehat dan menyenangkan.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "5 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah Menjadi Lebih Sehat"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...