Ingin Kulit Mulus Kinclong Tanpa Jerawat? Bisa Kok! ini Tipsnya!

Ingin Kulit Mulus Kinclong Tanpa Jerawat? Bisa Kok! ini Tipsnya!Ilustrasi kulit sehat, Song Hye Kyo. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Kulit mulus, kinclong, bebas jerawat adalah keinginan setiap wanita. Tapi membuat kulit mulus bebas jerawat saat ini susah susah gampang, apalagi jika kamu hidup di kota besar yang penuh dengan polusi dan tekanan hidup. Tapi wajah mulus bebas dari jerawat-jerawat lucu bukanlah hal yang mustahil jika kamu rutin dan konsisten melakukan hal-hal sederhana ini.

1. Jerawat bisa dipengaruhi oleh hormon, jadi jaga emosimu ya sist!

Salah satu penyebab datangnya jerawat adalah hormon. Jika kamu sedang stress, jatuh cinta dan galau (emosi labil), jerawat akan lebih mungkin hadir menghiasi wajahmu. Tetaplah berfikir positif atas apa yang kamu rasakan. Jika ada teman yang membuatmu kesal, kamu harus sabar Sebisa mungkin kontrol emosi mu ya sist, jangan sedih berlebihan dan jangan bahagia berlebihan juga. Hormon yang stabil juga akan mempengaruhi kinerja kulit sebagai pelindung tubuh.

2. Meskipun kamu orang yang sibuk, dan jarang tidur, kebersihan seprai dan sarung bantal harus diperhatikan

Jangan biarkan wajahmu berjerawat hanya karena sarung bantal dan seprai yang kotor. Kebersihan bantal serta seprai sangat berpengaruh juga terhadap kebersihan kulitmu. Biasakan mengganti sarung bantal dan seprai selama tiga hari sekali atau minimal 1 minggu sekali. Sarung bantal dan seprai yang kotor akan jadi sarang bakteri, jika menempel di kulitmu akan membuat kulit berjerawat.

3. Walau kelihatannya sepele, handuk yang lembab saat digunakan juga bisa jadi penyebab jerawat

Mengeringkan wajah sehabis mandi dan cuci muka dengan menggunakan handuk memang sangat diperlukan. Tetapi jangan biarkan handuk yang kamu gunakan dalam kondisi lembab. Handuk yang lembab bisa jadi sarang bakteri penyebab jerawat. Jaga kebersihan handukmu, dan biasakan menjemur handuk sampai kering.

4. Jaga tanganmu, jangan biarkan dia memencet jerawat yang lagi singgah di wajah

Rasa gatal dan sakit memang merangsang tangan kita untuk menyentuh dan memencet jerawat. Tapi ini jangan dibiarkan dan harus kamu tahan. memencet jerawat memang cara yang instan untuk menghilangkan jerawat. Tapi jerawat nantinya akan muncul kembali bahkan dalam keadaan yang lebih parah. hal ini disebabkan oleh pori-pori yang rusak akibat pemencetan, sehigga kotoran dan bakteri penyebab jerawat lebih mudah bersarang kembali di daerah yang sama. Selain itu, bekas jerawatnya juga akan sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk dihilangkan.

5. Pakai pelembab dan sunblock ternyata penting lho!

Melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet dan sinar matahari dengan menggunakan sunblock (tabir surya) dan pelembab bisa mencegah kulit dari kekusaman. Kulit yang bebas jerawat, mulus dan sehat (tidak kusam) akan semakin menambajh keindahan kulitmu lho sist! Kebersihan kulit juga harus tetap dijaga. Memakai pelembab dan sunblock bukan berarti kulitmu terbebas dari debu dan kotoran. Biasanya sunblock juga hanya bertahan 5 jam. Jadi jangan lupa untuk cuci muka dan mengoleskan kembali sunblock atau pelembab di wajahmu.

6. Make up memang bisa membuat wajahmu semakin cetar, tapi jangan sering-sering ya

Memakai make up boleh-boleh saja. Secara itu juga merupakan kebutuhan bagi kaum wanita. Tapi kamu harus perhatikan kosmetik yang kamu pakai. Perhatikan kandungannya, apakah cocok dengan jenis kulitmu atau tidak. Selain itu menjaga kebersihan alat make up juga sangat penting. Kamu juga harus rajin-rajin membersihkan wajah. Semakin sering kamu make up, kamu harus merawat kulitmu secara ekstra. Jadi saran untuk kamu yang wajahnya mudah berjerawat, jangan terlalu sering make up ya. Berikan waktu luang agar wajahmu bebas bernafas.

7. Kulit yang sehat juga bisa bikin jerawat ogah mampir di wajahmu lho!

Menjaga kesehatan kulit dapat kamu lakukan dengan rutin memakai masker alami. Hal ini juga bisa membantu kamu menumpas jerawat-jerawat manja yang ada di wajah lho! Idealnya lakukan kegiatan masker wajah 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Bahan-bahan masker alami biasanya mengandung antioksidan yang bisa membuang toksin dalam tubuh (terutama wajah) sehingga mengurangi penyebab timbulnya jerawat.

8. Facial di skincare atau salon mahal? kamu bisa lakukan scrubbing sendiri di rumah

Facial memang membutuhkan waktu, tenaga, biaya dan juga menimbulkan rasa sakit. Kalau kamu ogah facial di salon atau skincare, kamu bisa melakukan scrubbing dan pelling sendiri di rumah. Tapi jangan lakukan scrubbing terlal keras apalagi jika kulitmu sedang berjerawat, karena ini bisa membuat kulitmu iritasi.

9. Jaga kebersihan dan gunakan krim malam

Banyak orang melewatkan pemakaian krim malam sebelum tidur, padahal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulitmu. Malam hari adalah saat yang paling bagus untuk meregenrasi kulitmu. Untukmu yang jerawatan dan masih ragu buat mulai perawatan krim dari dokter, rutinkan saja untuk membersihkan sisa make-up dan cuci muka sampe bersih sebelum tidur di malam hari.