Ingin lebih langsing? Makanlah karbohidrat di malam hari

Muchdi
Muchdi

Ingin lebih langsing? Makanlah karbohidrat di malam hari

 Jika Anda ingin lebih langsing atau turun berat badan Anda, maka Anda pun berdiet. Dan sebagian besar dari tips diet tersebut menganjurkan Anda untuk tidak makan karbohidrat di malam hari. Sebab saat karbohidrat tersebut tidak tercerna dengan baik, maka tubuh Anda akan menyimpan lemak dan zat gula. Hasilnya, tentu saja perut yang buncit.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan hal lain. Penelitian dari Healthista ini justru menemukan bahwa makan karbohidrat di malam hari akan membuat Anda cepat langsing dan pembentukan otot lebih cepat.

"Sejauh ini belum ada bukti otentik yang menyebutkan bahwa makan karbohirat di malam hari mampu menambah berat badan Anda. Sebab hal yang menjadi poin utamanya adalah tentang berapa banyak kalori yang berhasil Anda bakar. Sehingga jika Anda tetap mengonsumsi karbohidrat di malam hari namun Anda berhasil membakar semuanya, tentu saja tidak akan menjadi masalah," ujar Azmina Govinji, nutrisionis dari lembaga ini.

"Saat tidur, sistem metabolisme Anda masih tetap bekerja secara aktif mencerna makanan yang Anda konsumsi termasuk makan malam Anda. Anda tetap diperbolehkan untuk makan karbohidrat namun hindari jenis karbohidrat yang terbuat dari olahan tepung yang sulit untuk dicerna. Sebagai gantinya, konsumsi karbohirat sehat seperti gandum. Jenis karbohidrat ini akan memproduksi glikogen dalam tubuh yang menjadi bahan bakar bagi Anda untuk berolahraga keesokan harinya," lanjut penelitian ini.

Anda masih belum yakin dengan hal ini? Pada tahun 2011, sebuah peneliti di Israel menguji 70 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi karbohidrat di tiga jam makan yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Kelompok kedua mengonsumsi 80% jatah karbohidrat di jam makan malam dan mereka yang tergabung dalam kelompok kedua mengalami penurunan berat badan lebih banyak daripada kelompok pertama.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});