Ingin Lolos Seleksi Wawancara Kerja? Lakukan 10 Tips dan Trik ini!

Ingin Lolos Seleksi Wawancara Kerja? Lakukan 10 Tips dan Trik ini!

Jakarta, wingamers - Wawancara kerja atau interview adalah proses yang lazim diterapkan oleh setiap perusahaan dalam perekrutan karyawan baru. Bagi para pekerja profesional, mungkin proses interview bukanlah hal yang dianggap menakutkan. Berbeda dengan para freshgraduate yang baru ingin terjun di dunia kerja, sebagian mereka merasa si pewawancara adalah monster yang sangat menakutkan.

Akan tetapi, tingkat kecerdasan seseorang terkadang bukan menjadi faktor penentu dalam suksesnya wawancara kerja. Orang yang cerdas, profesional, memiliki IQ tinggi belum tentu bisa lolos dalam proses wawancara,begitu pun sebaliknya. "Hebat dalam pekerjaan yang Anda lakukan berbeda dengan menjadi seorang kandidat yang hebat pada saat diwawancara".

Alangkah baiknya Anda mempelajari dan mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara kerja. Wingamers akan memberikan tips dan trik agar Anda bisa lolos seleksi wawancara kerja, dan Anda akan memperoleh kesan baik yang tidak akan terlupakan. Berikut ini adalah tips dan triknya.

1. Kompenten, Kecocokan, Percaya Diri, dan Tumbuh

Hebat dalam segala pekerjaan belum cukup untuk menjadikan Anda sebagai kandidat yang cocok untuk posisi yang Anda lamar. Anda harus percaya diri dan mampu memberi penjelasan bahwa Anda adalah seorang yang kompeten dalam bidang tersebut. Yakinkan pewawancara bahwa Anda bukan hanya kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut, tetapi Anda juga dapat terus berkembang dan tumbuh untuk memajukan perusahaan. Komitmentakan diri Anda bahwa Anda dapat berkarir dalam jangka panjang di perusahaan tersebut.Usahakan agar Anda memiliki kecocokan atau kesesuaian dengan pewawancara dan budaya perusahaan yang Anda lamar.

2. Fokus pada posisi yang anda lamar dan pastikan sesuai dengan keahlian dan kemampuan Anda.

3. Raih peluang pada kesan pertama Anda bertemu dengan pewawancara. Berpakaianlah dengan baik, rapi, dan sopan. Jangan lupa untuk tersenyum.

4. Berjabat tangan dengan yakin tetapi tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah.

5. Ceritakan kisah yang menarik mengenai kesuksesan Anda yang bisa menunjang pekerjaan pada posisi yang Anda lamar. Siapkan juga alasan jika Anda pernah gagal dan yakinkan bahwa Anda bisa menyikapi kegagalan tersebut dengan baik serta akan menjadi bahan pelajaran bagi Anda di pekerjaan Anda pada masa mendatang. Yakinkan bahwa Anda dapat sukses dari kegagalan.

6. Perhatikan cara Berbicara, berbicaralah dengan intonasi yang baik dan pastikan suara Anda terdengar dengan baik.

7. Bersikap proaktif

8. Berikan alasan yang logis serta beri penyampaian secara baik dan sopan jika Anda merasa ada hal-hal yang membuat Anda keberatan.

9. Berbicara untuk jangka panjang, misalkan apa yang akan Anda lakukan untuk perusahaan di masa mendatang, dan tanyakan pada pewawancara apa yang perusahaan harapkan jika Anda bergabung dengan perusahaan.

10. Bangun kesan serius pada pekerjaan yang Anda lamar. Buatlah seolah-olah Anda tidak menjadikan uang sebagai motif utama Anda berkerja, tapi berbicaralah bahwa Anda memang benar-benar tertarik pada pekerjaan yang Anda lamar.

Selamat mencoba!