(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ingin Menggunakan Perabot Antik ini Tipsnya

Liani
Liani

Ingin Menggunakan Perabot Antik ini Tipsnya

Pastinya orang lebih memilih perabot antik untuk mempercantik rumahnya. Dan Banyak orang ingin membeli mebel antik dari toko barang bekas atau pasar loak. Mungkin harganya memang murah, tapi ada faktor lain yang menentukan perabot tersebut layak dibeli.

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perabot yang paling pas dengan keinginan:.

1. Sifat perabot

Perabot yang sudah tidak sesuai dengan zaman sekarang, biasanya dijual dengan harga murah. Namun, furnitur yang diproduksi pertengahan abad, yaitu antara akhir 1950-an hingga 1970-an, justru mahal. Pasalnya, furnitur ini mencerminkan gaya populer, dan kebanyakan orang tidak ingin membuang atau memberikan perabot ini.

Perabot gaya modern yang ditemukan di toko barang bekas mungkin bukan yang terbaik, sementara yang tersisa bisa cukup mahal juga. Perabot yang langsung menuju tumpukan sampah dan tidak laku adalah mebel kayu yang diproduksi sekitar 1940-an. Perabot ini memang tahan lama namun tidak begitu modis.

Meski begitu, perabot dari kayu mahoni diklaim tahan lama, berguna dan fungsional. Hal ini sering tidak disadari oleh Anda yang berusia 40 tahun. Mereka yang berusia 20 tahun, malah membelinya di pasar loak dan mengubahnya menjadi perabot inti untuk rumah dan apartemen pertama mereka.

Intinya, Anda harus mengerti sifat perabot tersebut apakah berumur panjang atau tidak, selain melihat dari penampilannya.

2. Jenis perabot

Pastikan Anda memutuskan menggunakan furnitur antik seperti apa, terutama jika tertarik untuk memulihkan, memperbaiki atau mengganti fungsi furnitur tersebut. Jika Anda membeli sebuah furnitur lama dan memiliki beberapa kerusakan, carilah ide dari nilai yang sebenarnya sebelum Anda mengembalikannya ke penjual sebelumnya.

Saat ini, banyak barang-barang rongsokan yang justru bernilai tinggi setelah dipoles oleh pengrajin kreatif. Cara lainnya adalah menggunakan video online, seperti Youtube, untuk mencari cara memperbaiki area kecil kerusakan atau bagaimana menghapus noda pada bantalan kursi.

3. Ukuran perabot

Sebenarnya, cara ini berlaku juga bagi Anda yang ingin membeli furnitur baru. Dengan mengetahui ukuran furnitur yang ada, akan membantu Anda memutuskan apa yang cocok dan seberapa besar furnitur ini di rumah Anda.

Ambil pengukur pintu dan gerbang rumah sehingga Anda yakin bisa memasukkan furnitur tersebut melalui pintu. Lebih baik lagi, bawa pita pengukur Anda bawa saat berbelanja.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});