(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ingin Merasa Lebih Bahagia di Kantor, Ini Tipsnya

Muchdi
Muchdi

Ingin Merasa Lebih Bahagia di Kantor, Ini Tipsnya ilustrasi

WinNetNews.com  - Survei Job Happiness yang dilakukan oleh JobStreet.com baru-baru ini menunjukkan, sekitar 45 persen orang sebenarnya tidak senang bekerja.

Memang ada banyak faktor yang berkontribusi pada rasa ketidakbahagiaan saat kita berada di tempat kerja seperti pekerjaan yang menumpuk, gaji yang tak kunjung naik hingga bos yang menyebalkan.

Namun ada banyak tindakan yang dapat diambil untuk membantu memperbaiki situasi tersebut dan membuat diri Anda merasa jadi lebih baik.

Seperti dikutip dari Liputan6 dari laman  JobStreet.com, tujuh tips di bawah ini akan memandu Anda agar bisa merasa lebih bahagia di tempat kerja, berikut ulasannya:

1. Buat kantor seperti rumah sendiri

Karena Anda akan menghabiskan begitu banyak waktu di tempat kerja, tingkatkan produktivitas dan kebahagiaan Anda dengan membuat ruang Anda benar-benar seperti milik dan rumah Anda sendiri.

Hias area ruangan dengan tanaman dan warna yang sesuai dengan kepribadian Anda. Dengan cara ini, Anda akan memiliki ruang kerja yang memungkinkan Anda merasa nyaman dan rileks.

2. Jalin pertemanan dengan rekan kerja

Anda tidak perlu berjalan sendirian. Beberapa orang kadang suka mengatakan, "Saya di sini untuk bekerja, bukan untuk berteman." Apa yang dilakukan adalah menempatkan penghalang antara diri Anda dan orang lain, sehingga akan mencegah Anda menciptakan hubungan dan persahabatan yang tulus.

Di mana-mana teman termasuk hal yang penting, begitu Anda membuka diri dan mau membentuk ikatan dengan orang-orang yang Anda lihat setiap hari, pekerjaan pasti akan lebih menyenangkan dan memuaskan dibandingkan dengan bekerja sendiri atau menyimpan masalah Anda untuk diri sendiri. Selain itu, memiliki teman di tempat kerja dapat menciptakan sistem pendukung, persahabatan, dan rasa kesetiaan.

3. Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah

Belajarlah memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan di tempat Anda bekerja. Memang terkadang sulit untuk tidak terpengaruh di tempat kerja ketika Anda menghadapi masalah pribadi.

Karenanya cobalah buat diri Anda sibuk dan bersikap profesional di tempat kerja, sehingga pekerjaan Anda tidak akan terbengkalai yang menyebabkan Anda menjadi lebih stres dan tidak nyaman dalam lingkaran pekerjaan.

Dengan mengalihkan pikiran dari masalah pribadi yang ada kemungkinan bisa memberi Anda perspektif yang berbeda ketika Anda kembali ke hal tersebut setelah pekerjaan Anda selesai.

4. Tersenyumlah dan jangan lupa berterima kasih

image0

Sesuatu yang sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan Anda di tempat kerja, karena hal ini memberitahu otak untuk menjadi lebih bahagia. Senyuman juga bisa menular. Tersenyumlah dan dunia juga akan tersenyum bersamamu.

Selain itu ungkapkan juga rasa terima kasih kepada rekan kerja, cara ini akan membuat mereka merasa dihargai, sehingga Anda juga berkontribusi pada energi positif saat berada di tempat kerja.

5. Tarik napas

Terkadang orang memang mudah emosi saat berada di tempat kerja. Itulah mengapa Anda perlu mengambil waktu satu menit untuk bernapas sebelum pindah ke tugas berikutnya.

Bergeraklah dari waktu ke waktu untuk meregangkan tubuh Anda setelah berjam-jam membungkuk dan duduk. Jika memungkinkan, luangkan waktu dan pergi berlibur untuk bersantai dan mengisi ulang energi Anda.

6. Terorganisasi

image1

Hindari stres tambahan yang datang dengan kekacauan dan memikirkan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Memiliki ruang kerja yang terorganisasi akan membantu Anda lebih siap dan bekerja lebih efisien.

7. Hadiahi diri Anda sendiri

Entah itu pergi makan malam dengan teman, atau memanjakan diri ke salon maupun spa, temukanlah waktu untuk menghadiahi diri sendiri setelah Anda menyelesaikan proyek atau menjalani hari yang sibuk.

Anda tidak perlu merasa sengsara di tempat kerja sepanjang waktu jika Anda menemukan cara untuk membuat diri Anda merasa lebih baik. ​Selamat mencoba!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});