Ingin Nambah Tinggi Badan? Coba Konsumsi Makanan Berikut
ilustrasi

Ingin Nambah Tinggi Badan? Coba Konsumsi Makanan Berikut

Selasa, 7 Jul 2020 | 09:42 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Meski tinggi badan seseorang tergantung pada faktor genetik, terdapat makanan penambah tinggi badan yang bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan. Mendapatkan nutrisi yang cukup dalam makanan sangat penting untuk memastikan perkembangan yang tepat. Apa saja makanan yang mendukung pertumbuhan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenali Kandungan Makanan Penambah Tinggi Badan

Sebelum menjelaskan mengenai apa saja makanan untuk menambah tinggi badan, hal penting yang juga harus diketahui adalah nutrisi apa saja yang mendukung Anda untuk lebih tinggi. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang mendukung tinggi yang optimal, di antaranya:

  • Protein

Ini adalah salah satu faktor makanan terpenting dalam hal meningkatkan tinggi badan pada anak-anak. Protein sangat penting untuk membangun, memelihara otot, dan jaringan dalam tubuh.

Kekurangan protein dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat atau abnormal serta massa otot rendah. Karenanya, Anda harus memastikan bahwa pola diet seimbang dengan cukup protein di dalamnya.

  • Mineral

Mineral tertentu dalam makanan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan. Makanan penambah tinggi badan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, yodium, mangan, dan fluoride diketahui meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak dan remaja.

Selain itu, makanan yang kaya kalsium juga penting karena tidak hanya mendukung pertumbuhan tetapi juga membuat tulang menjadi kuat.

  • Vitamin

Dalam hal kesehatan dan pertumbuhan tulang, vitamin D memainkan peran penting. Hal ini dikarenakan vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kekurangan vitamin D tidak hanya menyebabkan tulang lemah dan pertumbuhan terhambat tetapi juga dapat memiliki efek negatif pada tinggi badan.

Vitamin lain yang juga penting untuk mendukung pertumbuhan termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin F.

  • Karbohidrat

Bagi orang dewasa, karbohidrat sering kali dianggap berbahaya bagi kesehatan. Namun, nutrisi ini penting bagi anak-anak yang ingin menambah tinggi badannya. Jenis karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi adalah gandum dan sereal.

Selain karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, makanan penambah tinggi badan lainnya adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Nah, itulah berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...