Ingin Otak Agar Lebih Tajam Dalam Mengingat? Yuk Lakukan 8 Cara Ini

Muchdi
Muchdi

Ingin Otak Agar Lebih Tajam Dalam Mengingat? Yuk Lakukan  8 Cara Ini ilustrasi otak ( Photo Thinkstock-lixuyao)

Winnetnews.com -  Untuk menajamkan memori dan menjaga kesehatan otak, ternyata tidak perlu susah-susah. Cukup lakukan latihan sederhana, otak mungkin akan berjalan dengan baik.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Reader's Digest, Sabtu (27/4/2019). berikut tips untuk membuat otak agar lebih tajam dalam mengingat:

 

Event Seru April 2019

 

 

1. Buat peta

Gambarlah peta yang sepenuhnya berasal dari memori. Dari peta lingkungan, perjalanan, hingga area lain yang pernah Anda datangi.

Ulangi kembali latihan ini setiap kali mengunjungi tempat baru. Menggambar peta dapat membantu menyimpan dan mengatur ingatan sehingga otak tetap sehat.

2. Buat kuis sendiri

Cobalah membuat dan menghafal daftar belanjaan atau tugas untuk diselesaikan. Kemudian hitung berapa banyak barang yang dapat diingat setelah satu atau dua jam. Semakin lama waktu dan semakin rumit daftar, semakin membantu otak untuk menghadapi latihan yang sulit.

3. Berlatih soal matematika

Selesaikan beberapa soal matematika di kepala setiap pagi (jangan menggunakan pensil, kertas, atau kalkulator). Coba juga untuk melakukannya secara bersamaan saat berjalan atau memasak.

4. Bercerita

Bercerita membantu Anda fokus pada detail-detail penting, mengaitkan emosi dan ingatan, serta mengingat kembali peristiwa penting dengan mudah. Bercerita telah digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer.

Cobalah untuk mengingat kembali peristiwa yang berkesan dalam hidup. Ingat detail, mulai dari bangun pagi hingga kembali tidur.

5. Mainkan olahraga baru

Memompa jantung juga bisa membuat otak berjalan lebih hebat. Kegiatan seperti yoga, golf, atau tenis dapat dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan peningkatan energi.

6. Tantang keterampilan motorik

Cari dan lakukan hobi baru yang mengharuskan Anda menggunakan tangan, seperti merajut, melukis, atau memainkan puzzle.

7. Hapalkan nomor telepon

Dengan menantang otak untuk melakukan teka-teki menghafal, seperti menghafal nomor telepon, dapat melindungi sel-sel otak dan memperkuat jalan pikiran atau koneksi antar sel. Cobalah untuk menghafal nomor telepon teman/keluarga.

Ashraf Al, seorang dokter pengobatan, merekomendasikan membagi setiap angka menjadi tiga bagian, daripada sekaligus ('0812345678' menjadi '0812 345 678').

8. Belajar bahasa asing

Sebuah studi pada tahun 2013 yang berjudul 'The Ompact of Sustained Engagement on Cognitive Function in Older Adults: The Synapse Project', menunjukkan bahwa mempelajari sesuatu yang baru dan kompleks dalam jangka waktu lama dapat melindungi otak yang menua. Dengan mempelajari bahasa asing dapat mengurangi risiko penurunan kognitif.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?