Ingin Punya Kulit Mulus? Jangan Gunakan Skincare Ini Bersamaan, Bahaya!

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Ingin Punya Kulit Mulus? Jangan Gunakan Skincare Ini Bersamaan, Bahaya! Sumber: galmeetsglam

Winnetnews.com - Penggunaan skincare saat ini memang lazim untuk digunakan oleh siapapun. Orang awam pun sudah banyak yang mengetahui kandungan mana yang tepat digunakan untuk menangani masalah kulit wajah tertentu, seperti AHA yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Tapi ternyata ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Karena jika dicampurkan, kandungan skincare itu akan membuat kulitmu menjadi rusak.

Dilansir dari Cosmopolitan, berikut ini adalah beberapa kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan.

Vitamin C dan AHA/BHA

Kedua kandungan ini diketahui memiliki antioksidan tinggi yang bisa membuat kulitmu menjadi nampak lebih cerah. Namun jika digunakan secara bersamaan, keseimbangan pH asam pada kulit akan meningkat dan dapat menyebabkan iritasi. Kalau kamu sedang menggunakan skincare dengan kandungan vitamin C, lebih baik kamu menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung AHA/BHA seminggu sekali saja.

Benzoyl Peroxide dan Retinol

Kamu yang kulitnya berjerawat mungkin sering menggunakan produk skincare dengan kedua bahan ini. Tetapi, saat Benzoyl peroxide dan retinol digunakan berbarengan dapat menghentikan efektifitas satu sama lain dan berarti tidak memberikan manfaat apapun pada kulit. Untuk hasil maksimal, gunakanlah benozyl peroxide saat siang hari dan retinol di malam hari.

Vitamin B3 dan AHA

Vitamin B3 berfungsi untuk membantu memperbaiki struktur kulit. Kandungan itu dapat bekerja dengan baik pada pH kulit yang tidak terkontaminasi asam. Sedangkan AHA, memiliki pH asam yang bisa memperburuk kondisi kulit jika tercampur dengan vitamin B3.

Retinol dan AHA

Skincare yang mengandung retinol dan AHA berguna untuk mengangkat lapisan sel-sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, mengecilkan pori-pori, serta mencerahkan wajah. Oleh karena itu, jangan gunakan produk yang mengandung kedua bahan ini secara bersamaan, terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Apa Reaksi Kamu?