Ingin Sehat dan Cantik? Yuk… Konsumsi Jus Tomat Secara Teratur

Muchdi
Muchdi

Ingin Sehat dan Cantik? Yuk… Konsumsi Jus Tomat Secara Teratur Ilustrasi Jus Tomat ( Photo Istimewa )
Winnetnews.com -  Tomat merupakan salah satu sayuran paling bermanfaat untuk manusia. Khasiatnya tak hanya bisa dirasakan oleh tubuh. Kulit pun bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi tomat.

Salah satu cara paling praktis untuk mendapatkan khasiat cantik dari tomat adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Seperti dikutip dari situs Merdeka dari laman Boldsky, Minggu (12/5/2019), Apa saja manfaat yang bisa didapat dari meminum jus tomat? Berikut ini akan kita bahas selengkapnya.

1. Melangsingkan Badan

Jus yang terbuat dari tomat, mentimun, dan lada hitam bisa membantu menurunkan berat badan secara signifikan dalam sebulan.

"Kaya akan antioksidan dan mineral, tomat dikenal sebagai salah satu bahan alami yang membantu dalam program penurunan berat badan.

Tomat juga mengandung vitamin C dan fitonutrien yang bermanfaat untuk membakar sel-sel lemak dalam tubuh. Selain itu, asam amino yang hadir dalam tomat akan meningkatkan metabolisme tubuh. Begitu pula dengan lada hitam."

2. Menjadikan Kulit Kencang

Tomat kaya akan vitamin C yang membantu pembentukan kolagen. Kolagen sendiri sangat diperlukan oleh kulit untuk menjaga elastisitas. Karena itulah Anda disarankan untuk mengonsumsi tomat mentah atau matang secara teratur.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultra Violet

Si merah bercitarasa asam ini juga kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Jangan lupa untuk dimasak terlebih dahulu. Sebab likopen dalam tomat akan berlipat ganda setelah bersentuhan dengan panas.

4. Memudarkan Stretchmark

Menurut artikel dari Eatthis!Health, vitamin C dan likopen di dalam tomat akan membantu memudarkan stretchmark secara alami. Namun prosesnya tidak akan berlangsung instan. Butuh konsumsi secara teratur didukung perawatan dari luar.

5. Mencegah Kanker Kulit

Menurut artikel ilmiah dari Healthline, sejumlah penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa likopen yang terkandung di dalam tomat cukup efektif untuk mencegah terbentuknya sel kanker kulit.

Tikus dengan kanker kulit yang diberi makan serbuk tomat selama 35 minggu menunjukkan perlambatan dalam tumbuhnya sel kanker setelah mendapat paparan sinar ultra violet.

Demikian keterangan mengenai sejumlah manfaat kecantikan yang terkandung di dalam jus tomat.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?