Ingin Sehat? Perhatikan Kebersihan Dapur

Ingin Sehat? Perhatikan Kebersihan Dapur

WinNetNews.com – Peneliti dari College of Agriculture and Environmental Sciences menemukan bahwa pisau dapur dapat menjadi sarang kuman dan sumber pertukaran kuman antar bahan makanan.

Pada bahan makanan yang sifatnya dimasak, kuman bisa saja mati selama proses pemanasan. Namun, bila Anda memutuskan untuk memotong bahan yang akan dimakan segar seperti salad atau buah-buahan, peneliti sangat merekomendasikan Anda untuk mencuci peralatan, seperti pisau, pengupas, dan parut, sebanyak dua kali, yaitu sebelum digunakan serta setelah digunakan.

Pada tahun 2014, tim peneliti dari Swiss telah menguji peralatan masak seperti pisau serta talenan. Hasilnya, sekitar 3,5 persen dari talenan terbukti membawa E. Coli, dan 6,5 persen terkontaminasi dengan bakteri yang resistan terhadap obat.

Tidak seperti kebanyakan bakteri penyebab penyakit lain, E. Coli dapat menyebabkan infeksi walau Anda hanya mengonsumsi sedikit. Bakteri yang resisten terhadap obat bisanya menyebabkan diare, demam, dan kram perut dalam waktu 12 sampai 72 jam, dan berlangsung hingga seminggu.

Salmonella merupakan bakteri umum lain yang dapat ditransfer melalui peralatan dapur. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, lebih dari satu juta orang Amerika jatuh sakit akibat infeksi Salmonella setiap tahun, 380 di antaranya berakibat fatal.

U.S. Department of Health & Human Services mengingatkan Anda kalau bakteri jahat bisa sangat mungkin bersarang di dapur, termasuk tangan Anda.

Mencuci tangan setidaknya selama 20 detik dengan air hangat atau dingin menggunakan sabun dapat menghentikan penyebaran. Gosok punggung tangan Anda, antara jari, dan di bawah kuku, diikuti oleh pembilasan dan pengeringan menggunakan handuk bersih.

Ketika Anda akan mengupas buah-buahan dan sayuran, sangat penting untuk mencuci bahan makanan tersebut terlebih dahulu. Pastikan juga untuk menggosok buah-buahan besar dan bertekstur seperti melon atau mentimun dengan sikat bersih. Keringkan dengan handuk bersih saat Anda ingin memotongnya.