Ingin Sehat? Yuk…Konsumsi Teh Hitam Tiap Hari
Ilustrasi teh hitam ( Photo  shutterstock.com )

Ingin Sehat? Yuk…Konsumsi Teh Hitam Tiap Hari

Minggu, 8 Mar 2020 | 15:13 | Muchdi

Winnetnews.com -  Teh hitam adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, selain air putih. Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering dicampur dengan tanaman lain seperti Earl Grey.

Teh hitam lebih kuat rasa dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lainnya. Tetapi lebih sedikit mengandung kafein daripada kopi.

Teh hitam juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan kalau teh hitam dapat menurunkan berat badan dan melunturkan lemak di perut. Apalagi manfaat teh hitam?

Berikut  manfaat teh hitam untuk kesehatan dilansir dari healthline:

- Memiliki Sifat Antioksidan

Antioksidan diketahui memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mengonsumsinya dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh.

Hal ini nantinya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Sebab teh hitam mengandung polifenol atau jenis antioksidan. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

- Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh hitam mengandung kelompok antioksidan lain yang disebut flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain teh, flavonoid dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, anggur merah, dan cokelat hitam.

Mengonsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida dan obesitas.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang minum tiga cangkir teh hitam per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung. Jadi menambahkan teh hitam ke rutinitas harian adalah cara mudah untuk memasukkan antioksidan ke dalam makanan dan berpotensi mengurangi risiko komplikasi kesehatan.

- Dapat Menurunkan Kolesterol

Tubuh mengandung dua lipoprotein yang mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah low-density lipoprotein (LDL), dan yang lainnya adalah high-density lipoprotein (HDL).

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Satu studi menemukan bahwa minum lima porsi teh hitam per hari mengurangi kolesterol LDL sebesar 11% dengan kadar kolesterol sedikit.

- Dapat Meningkatkan Kesehatan Usus

Penelitian menemukan bahwa jenis bakteri dalam usus memainkan peran penting dalam kesehatan. Hal itu karena usus mengandung triliunan bakteri, serta 70-80% dari sistem kekebalan tubuh.

Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus. Selain itu, teh hitam mengandung sifat antimikroba yang membunuh zat berbahaya dan meningkatkan bakteri usus dan kekebalan dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...