(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ingin Sepeda Motor Awet? Yuk Simak Tips Merawatnya

Muchdi
Muchdi

Ingin Sepeda Motor Awet? Yuk Simak Tips Merawatnya

WinNetNews.com - Dengan kondisi lalu lintas kota besar yang cenderung tidak menentu, kondisi motor dituntut untuk selalu prima dengan situasi jalanan yang tidak sepenuhnya mulus dan nyaman untuk dilalui kendaraan.

Oleh karena itu, perawatan sepeda motor penting dilakukan meski dengan waktu yang terbatas. Perawatan sepeda motor ini untuk menjaga performa kuda besi agar tetap prima dan mengurangi potensi kerusakan lebih besar.

Melansir laman Autotrader, berikut ini beberapa tips untuk perawatan motor kesayangan Anda:

1. Cek oli Mesin dan transmisi

Penting untuk selalu memastikan ketinggian oli mesin selalu di atas tanda minimum agar mesin selalu dalam kondisi terbaik. Sebelum memeriksa ketinggian level oli, parkirkan motor dengan standar tengah untuk mendapatkan posisi motor yang tegak.

Bila motor Anda terdapat celah pada mesin untuk memeriksa ketinggian oli, pastikan ketinggian oli berada pada ketinggian di antara tanda MIN dan MAX. Namun bila motor Anda menggunakan dipstick, lihat tanda dari oli yang menempel pada indikator ketinggian oli dipstick, pastikan pastikan ketinggian oli berada pada ketinggian diantara tanda MIN dan MAX

 

Bila ketinggian oli motor Anda berada di bawah level MIN, maka tambahkan oli baru hingga melampaui level MIN. Gunakan selalu oli untuk motor dan tidak direkomendasikan untuk memakai oli mobil digunakan untuk motor.

2. Kemudi dan suspensi

Periksa kemudi bergerak lancar ketika setang digunakan dari satu sisi ke sisi lain. Periksa juga suspensi depan dan belakang bekerja dengan lancar ketika Anda duduk di motor.

3. Pendingin

Tingkat coolant tidak boleh berada di bawah level minimum kecuali sistem pendingin terdapat kebocoran. Cari reservoir pendingin dan periksa tingkat pendingin berada di antara dua tanda level pada reservoirJika perlu tambahkan dengan perbandingan 50/50 antara campuran air suling dan antibeku.

4.Ban

Tekanan ban yang benar adalah hal penting pada motor. Selalu periksa tekanan ban ketika ban dingin dan jangan pernah memeriksa ketika panas setelah motor digunakan. Hal itu karena tekanan meningkat ketika panas. Berikan ban pemeriksaan visual cepat untuk setiap kerusakan atau keausan tapak.

 

5. Rem

Periksa rem secara terpisah masing-masing dari tuas rem depan atau pedal rem belakang dengan menggunakannya sampai batas penuh. ketika tuas atau pedal dilepaskan memungkinkan roda untuk memutar secara bebas tanpa hambatan.

Indikator dengan garis-garis pada wadah minyak rem di master silinder. Jika di bawah garis Min,tambahkan minyak rem sesuai jenis cairan ditandai pada tutup wadah (biasanya DOT 4) hingga mencapai level Max di dalam tabung reservoir.

6. Rantai motor

Kebanyakan sepeda motor memiliki rantai sebagai penggerak dari mesin ke roda belakang. Penting rantai itu dilumasi dan tidak terlalu renggang. Jika terlihat rantai kering, Anda dapat menyemprotkan cairan pelumas rantai. Jika rantai terlihat terlalu kendur sebaiknya menyetel ketegangan sesegera mungkin.

sumber dari situs liputan6, Jakarta

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});