Ingin Sukses dalam Wawancara Kerja? Inilah 3 Kiat Hadapi Pertanyaan Sulit Saat Wawancara Kerja

Ingin Sukses dalam Wawancara Kerja? Inilah 3 Kiat Hadapi Pertanyaan Sulit Saat Wawancara Kerja

Rabu, 20 Apr 2016 | 08:35 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Wawancara kerja adalah salah satu momen yang cukup menegangkan dalam hidup. Terutama, jika Anda sangat menginginkan pekerjaan itu. Rasa gugup dan panik saat wawancara kerja, pasti dihadapi oleh calon karyawan, meski sudah memiliki pengalaman menghadapi berbagai jenis wawancara kerja.

Oleh karena itu, penulis buku sekaligus konselor karier, Mary Eileen Williams, memberi tips untuk menaklukan pertanyaan tersulit saat wawancara kerja seperti berikut ini:

1. Kemampuan interpesonal Anda

Contoh pertanyaan: "Jelaskan apa yang Anda lakukan ketika mengalami konflik dengan atasan, rekan, atau klien Anda?"

Respon terbaik: Williams menyarankan, untuk memulai dengan memberi respon positif. Kemudian, berikan contoh situasi sulit tersebut, dan akhiri dengan pelajaran atau hikmah yang Anda dapatkan dari pengalaman tersebut.

2. Kelemahan pribadi yang berpengaruh pada pekerjaan

Contoh kasus: "Apakah Anda pernah membuat kegagalan pada kerja tim Anda?"

Respon terbaik: Pertanyaan ini umumnya sangat sulit, karena tak cuma mengekspos kelemahan Anda, tetapi juga karakter Anda. Williams menyarankan, memberi jawaban ringkas dan padat.

Jangan memberi jawaban yang menunjuk kurang tanggung jawab, kelewatan detail yang penting, atau gagal untuk mengikuti. Yakinlah jika kelemahan Anda tersebut tak berakibat besar bagi posisi yang Anda inginkan, dan tekankan jika kesalahan tersebut adalah masa lalu.

3. Bagaimana Anda bangkit dari kegagalan

Contoh kasus: "Ceritakan saat Anda kecewa dengan performa kerja Anda sendiri?"

Respon terbaik: Mirip dengan respon menjawab kelemahan, Anda dapat fokus akan pelajaran dan hikmah yang Anda dapat dari pengalaman tersebut.

Terakhir, Williams menyarankan Anda untuk jangan lupa berlatih dengan deskripsi pekerjaan sebagai bantuan Anda.

Antisipasi pertanyaan yang mereka tanyakan berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang pihak peruasahaan inginkan dan juga Anda perlu percaya diri dengan pengalaman Anda sendiri.

"Dengan persiapan, perilaku yang percaya diri, Anda sudah siap menjalani wawancara, tak peduli sesulit apapun perkerjaanya. Sekarang, ada baiknya Anda memberi kesan yang cukup baik untuk mendapat pekerjaan yang Anda inginkan," pesan Williams.

Dilansir: independent(dot)co(dot)uk

Foto: google(dot)com 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...