Ingin Tulang Kuat di Usia Tua? 10 Hal Ini Perlu Dihindari Loh
ilustrasi tulang ( Photo net )

Ingin Tulang Kuat di Usia Tua? 10 Hal Ini Perlu Dihindari Loh

Minggu, 26 Jan 2020 | 14:35 | Muchdi

Winnetnews.com -  Memiliki tulang sehat dan kuat adalah impian semua manula. Banyak yang sudah menginvestasikan masa mudanya dengan rajin berolahraga dan makan makanan bergizi untuk mencegah atau memperlambat masalah kesehatan tulang pada usia lanjut.

Sayangnya, ada beberapa hal yang membahayakan kesehatan tulang hingga usia lanjut, dilansir dari WebMD:

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Semakin banyak konsumsi garam, semakin banyak kalsium yang dikeluarkan tubuh Anda. Padahal, seharusnya kalsium di sana untuk membantu tulang. Makanan seperti roti, keju, keripik, dan potongan daging dingin mengandung garam paling tinggi. Anda tidak perlu mengurangi garam sama sekali, tetapi usahakan kurang dari 2.300 miligram sodium per hari.

2. Terlalu lama menonton

Tidak ada salahnya menikmati hobi menonton film. Namun jika berlangsung berjam-jam di depan layar dan terlalu lama duduk akan membahayakan kesehatan tulang dan otot.

Olahraga baik untuk tulang dan otot Anda, terutama ekstremitas (anggota gerak) yang menahan beban tubuh, yang memaksa tulang dan otot bekerja melawan gravitasi.

3. Bersepeda

Saat Anda mengayuh saat pergi bekerja atau berkendara selama berjam-jam di akhir pekan, jantung dan paru-paru Anda menjadi lebih kuat. Sayangnya, karena ini bukan aktivitas menahan beban, mengendarai sepeda terlalu berlebihan tidak meningkatkan kepadatan tulang-- tidak seperti berjalan, berlari, dan mendaki.

Jika Anda penggila olahraga sepeda, sebaiknya Anda menambahkan waktu untuk kegiatan menahan berat seperti tenis, hiking, menari, dan berenang (ketahanan air membantu tulang).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...