Ini 4 Tanda Kamu Kurang Gerak
Foto: Pexels/Artem Podrez

Ini 4 Tanda Kamu Kurang Gerak

Senin, 3 Mei 2021 | 15:55 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Rebahan sambil menonton film atau hanya sekadar scrolling media sosial adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh sejumlah orang. Kebanyakan dari kita melakukan hal tersebut dengan alasan ingin bersantai.

Padahal malas gerak atau mager, merupakan hal yang kurang baik bagi tubuh dan bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti diabetes tipe2, obesitas, hingga kematian dini. Agar terhindar dari kondisi tersebut, yuk cari tahu apa saja tanda kurang gerak dan ubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Mata bengkak

Kurang gerak menjadi pemicu utama seseorang mengalami retensi air, dikutip Bright Side. Mata bengkak muncul karena terlalu lama berada dalam posisi horizontal.

Yoga menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Karena asana (postur yoga Hatha) memberikan tekanan ke kepala dan meningkatkan sirkulasi. Gerakan yang dilakukan sehari-hari, membuat mata bengkak berkurang.

Sembelit

Olahraga bermanfaat untuk membuat sistem pencernaan lancar dan buang air besar jadi lebih teratur. Jika kita menghabiskan waktu untuk berbaring atau duduk, maka dibutuhkan lebih banyak waktu bagi makanan bergerak melalui usus besar.

Akibatnya, jumlah air yang diserap tubuh dari tinja menjadi terbatas dan menyebabkan sembelit. Bergerak secara teratur meningkatkan efisiensi saluran pencernaan. Bahkan pergangan 5 menit beberapa kali dalam sehari, dapat mencegah sembelit.

Pelupa

Dalam studi yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information pada 2018, menemukan bahwa orang yang kurnag gerak menunjukkan perubahan structural pada otak di area lobus temporal medial. Lobus ini bertanggung jawab atas kemampuan kita untuk menghafal. Melakukan latihan fisik dapat meningkatkan daya ingat.

Dengkul sakit

Bergerak merupakan rahasia untuk melonggarkan persendian yang kencang. Berolahraga dapat meringankan gejala arthritis dan osteoartritis, terutama latihan aerobik.

Seseorang yang mengalami nyeri lutut disarankan untuk menjalani program olahraga. Olahraga secara teratur, membuat otot menguat dan menjadi lebih fleksibel.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...