(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ini 5 Asupan Nutrisi Penting, Bisa Bikin Akhir Pekan Kamu Ceria dan Semangat Loh

Muchdi
Muchdi

Ini 5 Asupan Nutrisi Penting,  Bisa Bikin Akhir Pekan Kamu Ceria dan Semangat Loh Ilustrasi telur (Foto-iStock)

WinNetNews.com - Makanan juga bisa pengaruhi suasana hati. Jika sedang lesu sebaiknya pilih makanan yang bisa bantu mood jadi lebih positif. Setiap orang pasti ingin bahagia. Jiwa yang bahagia sudah dipastikan memiliki keadaan mental dan fisik yang baik.

Asupan makanan juga mempengaruhi tingkat kebahagiaan psikologi seseorang. seperti dikutip dari situs detikFood ,Jakarta, Sabtu (22/9/2018), Menurut SBS 5 asupan makanan ini bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

1. Karbohidrat kompleks

Mengisi sel-sel otak dengan karbohidrat yang kompleks yang terdapat pada makanan terbukti ampuh meningkatkan kesejahteraan psikologis. Karbohidrat tersebut merupakan gula yang terdiri dari molekul besar yang terkandung dalam serat dan pati.

Bisa didapatkan dalam sayur, buah dan wholegrain dan bermanfaat untuk kesehatan otak karena mereka melepaskan glukosa secara perlahan ke dalam sistem tubuh. Dengan begitu akan membantu menstabilkan suasana hati.

Karbohidrat sederhana yang ditemukan dalam makanan ringan dan minuman manis bisa menyebab gula tinggi, sehingga meningkatkan perasaan bahagia. Makanan manis bisa memperbaiki mood, tetapi ada efek jangka panjang yang berbahaya.

Oleh karena itu, meningkatkan asupan karbohidrat kompleks dan mengurangi minuman manis dan makanan ringan bisa menjadi langkah pertama dalam peningkatan kebahagiaan dan kesejahteraan.

2. Antioksidan

Oksidasi sangat bermanfaat bagi tubuh dan otak, karena bisa memberikan energi. Sayangnya, proses ini juga menciptakan stres oksidatif yang lebih sering terjadi pada otak.

Bahan kimia yang berperan dalam kebahagiaan otak seperti dopamin dan serotonin berkurang karena oksidasi dan ini dapat berkontribusi pada penurunan kesehatan mental.

Untuk itu disarankan banyak makan sayur dan buah yang mengandung antioksidan supaya bisa meningkatkan zat kimia yang membuat otak merasa nyaman. Selanjutnya akan meningkatkan suasasana hati.

3. Omega 3

Lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk kesehatan otak, serta memenuhi kebutuhan zat kimia yang diperlukan otak seperti dopamin, serotonin dan norepinefrin.

Kandungan lemak tersebut ada pada omega 3 yang bisa didapatkan melalui Ikan salmon, kacang, biji-bijian, sayuran berdaun, telur, dan daging yang diberi makan rumput.

Omega 3 merupakan nutrisi yang baik, karena mudah diproduksi oleh tubuh. Asupan tersebut dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak, dapat memperlambat perkembangan demensia dan dapat memperbaiki gejala depresi.

4. Vitamin B

Zat kimia yang diperlukan untuk otak juga ada dalam vitamin B. Vitamin B bisa Anda dapatkan dalam sayuran hijau, kacang, pisang, dan bit. Jangan sampai Anda kekurangan vitamin B, karena hal tersebut bisa berakibat timbulnya suasana hati buruk yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dalam jangka panjang.

Sejumlah vitamin B seperti vitamin B6, B12, dan folat dalam makanan telah dikenal untuk mengurangi depresi sehingga tidak akan meningkatkan gejala secara berlebihan

5. Prebiotik dan probiotik

Ternyata bakteri juga berperan penting untuk meningkatkan suasana hati. Tentunya bakteri tersebut adalah bakteri baik yang bisa Anda dapatkan dalam makanan seperti keju, yogurt, dan makanan yang difermentasi seperti kombucha, sauerkraut dan kimchi.

Semua makanan tersebut akan bekerja sebagai obat antidepresan. Hal tersebut juga dibenarkan oleh penelitian.

Prebiotik dan probiotik dalam tubuh dapat menekan reaksi kekebalab dalam tubuh, mengurangi peradangan di otak, mengurangi keadaan depresi dan cemas dan meningkatkan emosi bahagia. Jika Anda merasa bahagia itu akan baik untuk keadaan mental, sehingga fisik Anda pun dipastikan akan sehat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});