Inilah 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Berciuman

Inilah 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Berciuman Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Pada hubungan percintaan dibutuhkan dua orang yang saling mencintai, selain itu kemesraan juga diperlukan untuk mempererat hubungan pasangan. Salah satunya, berciuman. 

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, berciuman dengan seseorang yang dicintai menjadi salah satu hal yang paling indah didalam kehidupan manusia. 

Ternyata bukan semata keindahan dan kebahagiaan yang ada di balik aktivitas itu. Sensasi yang dirasakan saat  berciuman, maupun momen pembuka dalam aktivitas seks, selalu menyenangkan. Berikut enam alasan berciuman bisa baik untuk kesehatan mental. 

1. Mempererat kebersamaan

Aktivitas ini selalu membuat hubungan di antara kedua pasangan menjadi lebih erat. Dawn Maslar, seorang profesor Biologi mengungkapkan pendapatnya. “Ketika kita berciuman, baik pria maupun wanita memproduksi hormon oxytocin." kata Dawn.  "Ini sering disebut sebagai hormon cinta, karena menyebabkan mereka -khususnya perempuan, menjadi lebih dekat."

2. Membakar kalori

Tentu saja, berciuman tidak akan membakar kalori sebanyak orang yang melakukan lari jarak jauh. Berciuman mampu mempompa metabolisme hingga dua kali dari kadar normal. Berciuman ternyata mampu membakar 2-3 kalori dalam semenit.

3. Melawan penyakit

Alasan ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi umum. Tapi nyatanya, pertukaran air liur saat berciuman menjadi cara yang bagus untuk menangkis virus -terutama aktivtas itu mengarah pada hubungan seks.

Hasil Penelitian yang dimuat di jurnal Medical Hypothesesin 2009 menunjukkan, perempuan membangun kekebalan terhadap cytomegalovirus dengan mencium pasangan yang terinfeksi.

4. Tekan kadar kolesterol

Berdasarkan hasil penelitian di tahun 2009, di Western Journal of Communication,berciuman mampu mendatangkan manfaat positif bagi kesehatan.

“Kami menduga, meningkatnya kebiasaan afeksi mampu memperbaiki sisi fisik dan psikologis, yang rusak akibat stres, kolesterol salah satunya," demikian bunyi penyataan Western Journal of Communication.

5. Memicu rangsangan dan dorongan seks

Seks yang rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung hingga membangkitkan harga diri. Selain itu, rasanya tidak ada hal yang lebih baik untuk rangsangan seks selain berciuman.

“Berciuman adalah tipe foreplay yang kuat. Ini membantu meningkatkan peluang kedua pasangan akan memiliki pengalaman erotis yang baik dan menyenangkan," kata Seksolog Carol Queen.

6. Menambah kebahagiaan

Berciuman melepas hormon endorphin, dan mengutip dari Elle Woods dari Legally Blond, “Endorphin membuat kita bahagia".