Ini 7 Tanda Kalau Tubuh Sebenarnya Masih Lapar

Muchdi
Muchdi

Ini 7 Tanda Kalau Tubuh Sebenarnya Masih Lapar ilustrasi tak enak badan (Foto-Istock)

WinNetNews.com - Perut bunyi hingga mual dan kepala pusing jadi pertanda kalau tubuh masih lapar. Kenali tanda lainnya agar Anda dapat makan dengan porsi yang cukup.

Makan terlalu sedikit ternyata sama bahayanya dengan makanan terlalu banyak. Tubuh akan mengirimkan sinyal 'masih lapar' walau Anda merasa sudah makan dengan cukup.

Seperti dikutip dari situs detikFood  dari laman  This Is Insider, Sabtu (15/9/2018), ini 7 tanda yang akan Anda rasakan saat kerkurangan asupan karbohidrat alias perut lapar.

1. Timbul rasa lelah

Kalori merupakan penghasil energi dalam tubuh. Jika Anda kekurangan asupan kalori, tubuh akan bekerja lebih lamban dari biasanya.

Dikutip dari Livestring, sel-sel dalam tubuh membutuhkan glukosa yang ada dalam karbohidrat. Kelelahan yang dirasakan diakibatkan karena kurangnya asupan karbohidrat, vitamin B, dan zat besi yang tersedia dalam makanan sehari-hari.

2. Suhu tubuh tak stabil

Suhu tubuh yang rendah hanya satu dari sekian banyak dampak dari kurangnya asupan kalori. Rasa dingin yang timbul tiba-tiba bisa jadi tanda kalau Anda kurang makan.

Penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan fakta bahwa orang yang membatasi asupan kalori punya kadar hormon tiroid T3 (Healthline) yang lebih rendah. Hormon itulah yang berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh dengan stabil.

3. Mual saat minum kopi

Jika Anda merasa mual saat mengonsumsi segelas kafein, itu pertanda kalau Anda makan dalam porsi yang sedikit. Perut yang kosong maupun diisi dengan sedikit makanan akan mengalami gangguan pencernaan, maag, sindrom iritasi usus hingga mulas bila terkena kafein. Itu dikarenakan tingkat keasaman dalam perut meningkat.

4. Suasana hati buruk

Anda pasti sudah tak asing dengan istilah 'hangry'. Ya, istilah yang digunakan ketika orang mudah marah saat kelaparan. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Seorang psikolog asal Ohio State University, Brad Bushman mengatakan, "Otak membutuhkan bahan bakar untuk mengatur emosi dan amarah merupaka emosi yang sulit diatur orang."

5. Perut bunyi

Jika perut Anda terus berbunyi, itu pertanda kalau Anda tak makan sesering biasanya. Perut yang bunyi jadi tanda kalau tubuh lapar atau pun kenyang.

Jika bunyinya terdengar besar, itu tandanya perut Anda benar-benar kosong dan butuh asupan makanan. Hal ini berlaku walau Anda merasa sudah makan dengan cukup.

6. Tak enak badan

Ini dia gejala umum yang terasa jika tubuh Anda masih lapar. Anda akan merasa pusing, lelah, dan sakit kepala. Saat tubuh kekurangan nutrisi atau makanan, kemampuan berpikir dan energi tubuh pun menurun.

7. Mentruasi tak teratur

Anda perlu berhati-hati saat siklus menstruasi jadi tak stabil. Salah satu alasannya bisa jadi karena kekurangan nutrisi alias kurang makan.

"Telalu sedikit kalori bisa memicu respon kelaparan di hipotalamus Anda dan mengganggu luteinizing hormone (LH) dan menutup ovulasi," jelas Lara Briden selaku doktor neturopati dan penulis buku 'Period Repair Manual'.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});