Ini Alasan Air Mineral Kemasan Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari
ilustrasi

Ini Alasan Air Mineral Kemasan Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Minggu, 29 Mar 2020 | 06:37 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Selain untuk melepas dahaga, air mineral dalam kemasan adalah jenis air minum yang dapat dikonsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Air mineral mengandung mineral seimbang yang dapat membantu melengkapi kebutuhan mineral dalam tubuh. Namun, jangan sembarang memilih air mineral. Penting untuk memilih air mineral kemasan yang aman dalam dikonsumsi dan terpercaya dalam pengelolaan proses hingga sampai ke tangan konsumen.

Karena air minum merupakan kebutuhan dasar setiap orang dan dijual di mana saja, air mineral harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sebelum memilih jenis air mineral, kita perlu mengetahui kriteria dan standar apa yang harus dipenuhi air mineral dalam kemasan sehingga dapat dikatakan baik dan aman untuk diminum.

Regulasi tentang produksi air mineral dalam kemasan

image0

Air minum yang terkontaminasi dan tidak bersih menjadi medium yang mudah untuk penularan penyakit, seperti kolera, diare, hepatitis A, tifus, dan polio. Melihat kondisi ini, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) merekomendasikan pengembangan implementasi Rencana Keamanan Air untuk para suplier, sebagai langkah efektif pemenuhan kebutuhan sekaligus kesehatan khalayak. 

Hal ini dilakukan juga oleh pemerintah Indonesia. Peran pemerintah dan pelaku industri air mineral berkoordinasi untuk memastikan proses produksi dan kualitas air mineral layak untuk diminum. Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 96/M-IND/PER/12/2011 menjelaskan persyaratan teknis industri air minum dalam kemasan. Di sini dijelaskan mengenai penilaian proses produksi air mineral dalam kemasan yang memadai.

Di dalam Peraturan Menteri tersebut dijelaskan bahwa  lokasi sumber air harus memenuhi syarat kesehatan seperti jauh dari saluran limbah, septik tank, kandang hewan, dan bebas dari pencemaran lingkungan. Selain itu diatur juga tentang ketentuan peralatan yang dipakai, harus menggunakan mesin produksi dan peralatan laboratorium yang memenuhi ketentuan perundang-undangan. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...